Air Terjun Bidadari, Air Terjun Terindah di Karang Dalam Lahat - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Bidadari, Air Terjun Terindah di Karang Dalam Lahat

malaikat Jatuh salah satu tempat wisata alam terindah dan tersembunyi di Lahat, Sumatera Selatan. Air terjun unik dengan pesona alam yang menakjubkan ini terletak di tengah hutan, memiliki 7 puncak dan 3 kolam renang.

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang Lahat. Daerah. Lahat, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang luar biasa indahnya yang belum banyak diketahui orang. Sedikit yang tahu bahwa air terjun Bidadari Lahat ini pernah menjadi latar film Legenda Pahit Lidah dari Lahat di Sumatera Selatan. Daerah ini dianggap cukup mirip dengan legenda.

Di kawasan ini Anda bisa menemukan 7 air terjun yang mengalir dari sumbernya. Antara air terjun ini tidak terlalu jauh. Anda bisa berkeliling kawasan air terjun yang indah ini sambil mengagumi keindahan alamnya yang mempesona. Ketinggian air terjun di kawasan ini berbeda satu sama lain. Anda bisa menikmati keindahan alam ini tanpa merasa bosan.

Sebelum mengunjungi Air Terjun Bidadari, tentunya Anda memerlukan beberapa persiapan sebelum memutuskan untuk pergi dan mengunjungi destinasi wisata yang indah dan menarik ini. Berikut beberapa informasi sederhana yang bisa Anda baca sebagai persiapan awal sebelum mengunjungi air terjun terindah di Kabupaten Lahat ini.

Objek wisata air terjun Bidadari

Objek wisata air terjun BidadariKredit gambar: Facebook Muhammad Iqbal Wahyudi

1. Pemandangan alam yang indah

Dengan mengunjungi wisata alam, tentunya Anda berharap dapat melihat pemandangan alam yang indah dan mempesona. Begitu juga dengan kunjungan ke air terjun ini. Anda bisa melihat pemandangan air yang mengalir di balik tebing berbatu yang tinggi. Di area ini Anda bisa melihat bebatuan gunung dengan berbagai ukuran. Dari yang sangat besar hingga kerikil.

Percikan air tersebut juga membentuk titik-titik embun kecil yang membuat suasana menjadi lembab dan juga memperlihatkan titik-titik air sehingga pada siang hari dapat terlihat pelangi kecil di bawah air terjun ini. Tentu saja, fenomena alam ini menjadi ciri khas air terjun.

2. Lingkungan yang indah

Lingkungan kawasan wisata air terjun Bidadari masih cukup asri. Anda bisa menikmati suasana hutan hujan tropis dengan kesegaran udara yang tak terbantahkan. Udara yang dingin membuat suasana semakin menyenangkan. Segala penat yang menumpuk di perkotaan tentu akan hilang jika berlama-lama di kawasan ini.

Pepohonan di kawasan ini tumbuh secara alami dan belum terjamah oleh manusia. Keindahan alam di sekitar air terjun ini sangat terjamin. Anda bisa mengelilingi tujuh air terjun dengan suasana alam yang asri ini. Meski harus melewati rintangan dan pegunungan terjal, pemandangan dan suasananya menghilangkan penat selama perjalanan.

3. Kolam renang yang jernih dan sejuk

Kolam di bawah air terjun ini memiliki air dingin yang menyegarkan. Rasa dingin dari air yang mengalir deras berbeda dengan rasa dingin yang biasa Anda rasakan. Air yang kaya akan mineral menyebabkan kesegarannya memiliki karakteristik yang berbeda dengan air sumur atau PDAM.

Airnya juga jernih dan bersih. Anda tidak akan menemukan sampah yang tenggelam di area ini. Tentunya kita juga harus turut serta menjaga ruang ini agar tetap lestari dan dapat diapresiasi oleh anak cucu generasi mendatang. Pembuangan sampah di kawasan ini juga dianggap Pamali oleh warga sekitar. Dan tentu saja bukan hal yang baik untuk dilakukan.

4. Hampir 6 air terjun lainnya

Air terjun Bidadari terdiri dari sebuah sumber yang terbagi menjadi tujuh air terjun yang letaknya berdekatan. Anda bisa menyusuri jalan setapak yang tentunya dipandu oleh pemandu wisata terpercaya atau pemandu penduduk setempat. Jarak antar air terjun hanya 5-15 menit jalan kaki.

Tentu saja perjalanan ini tidak melelahkan. Selain itu, di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dengan suasana khas ala hutan hujan Indonesia yang lembab.

Masing-masing air terjun ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dari ketinggian tebing yang berbeda satu sama lain hingga kedalaman kolam yang cukup jauh berbeda. Anda bisa berenang di kolam renang yang cukup dalam

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Bidadari

Alamat air terjun BidadariKredit gambar: Google Maps suara jiwa

Anda bisa mengunjungi air terjun yang menawan ini dengan membawa kendaraan sendiri atau sambil berwisata. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Lahat, Sumatera Selatan. Anda hanya perlu menempuh waktu 15 menit dengan kendaraan roda empat untuk sampai ke tempat wisata air terjun Bidadari. Jalan menuju tempat ini bersih dan diaspal dengan baik.

Namun, perjalanan Anda tidak berakhir di situ. Sesampainya di kawasan wisata ini, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan, Anda akan melihat pemandangan yang indah. dari perkebunan milik masyarakat. Jalannya cukup terjal dan licin. Anda harus sangat berhati-hati di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.

Juga disarankan untuk menyewa pemandu wisata atau meminta penduduk setempat untuk membawa Anda ke air terjun. Selain medannya yang cukup berbahaya, kawasan ini juga cukup tertutup dan minim fasilitas persinyalan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membawa berbagai perlengkapan yang diperlukan seperti obat-obatan atau kotak P3K.

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Bidadari, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan bermotor. Harga yang dikenakan tidak terlalu mahal dan juga tidak menguras kantong. Tentunya hal seperti ini cocok untuk kamu yang senang dengan wisata backpacker.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Bidadari

Aktivitas di Air Terjun BidadariKredit gambar: Facebook Astri Iga

1. Perburuan Foto

Berburu foto di kawasan ini tentunya menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan. Selain areanya yang indah, kamu juga bisa menemukan berbagai spot foto berbeda yang pastinya cantik dan juga bagus untuk dijadikan sebagai background foto yang kamu ambil.

Perpaduan warna gelap bebatuan serta semak dan pepohonan yang rindang membuat setiap objek foto yang Anda ambil akan bersinar dan menjadi pusat perhatian. Foto yang sudah indah pada dasarnya akan menjadi lebih indah jika Anda memperhatikan bingkai dan latar belakang yang digunakan di area ini.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana asri di waktu-waktu tertentu seperti pagi atau sore hari. Di pagi hari Anda dapat melihat matahari terbit dengan sinarnya bersinar lurus ke depan. Pemandangan ini terlihat jelas di kawasan yang tertutup embun seperti wisata air terjun Bidadari Lahat ini.

Sore hari, Anda bisa melihat suasana yang berbeda dengan suasana siang hari di sekitar air terjun. Cahaya jingga menyelimuti seluruh area air terjun ini. Suasana indah di siang hari akan berubah menjadi suasana sedih dengan warna dasar yang hangat.

2. Berenang di kolam renang

Berenang di air terjun merupakan kegiatan yang cukup menarik. Anda bisa berenang di kolam yang terletak di bawah air terjun ini. Airnya cukup jernih dan sejuk. Airnya jernih, Anda bisa melihat dasar kolam dengan sangat baik. Dasar kolam yang dibentuk oleh bebatuan gunung yang besar membuat pemandangan kolam dan sungai menjadi sangat indah.

Tentu harus sedikit berhati-hati karena banyak busa dan juga licin. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan batu yang tajam. Memang batu-batu di kawasan air terjun Bidadari mulus dan tidak pecah-pecah. Batu-batunya juga cukup besar dan bisa Anda gunakan sebagai objek foto yang indah.

3. Jelajahi lingkungan sekitar

Di sekitar kawasan ini terdapat 6 air terjun yang hanya ada satu di kawasan air terjun Bidadari. Anda dapat melewati 6 lokasi berbeda karena selalu berada dalam satu jalur dan lokasinya cukup dekat satu sama lain. Tentu saja, Anda dapat menikmati berbagai hal. Dari perjalanan menuju kawasan air terjun.

Perjalanan untuk menemukan air terjun ini tidak terlalu mudah. Meski menggunakan pemandu wisata sebagai pemandu, Anda tetap membutuhkan stamina ekstra dan adrenalin yang kuat karena jalan yang panjang, menanjak, dan juga berliku-liku. Perjalanan seperti ini tentu sangat menarik jika Anda menyukai aktivitas gunung yang ekstrim.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Bidadari Lahat

Fasilitas Air Terjun Bidadari LahatKredit gambar: Facebook Yophi Tatitut

Karena lokasi air terjun yang masuk cukup dalam, Anda tidak bisa menemukan fasilitas yang lengkap di kawasan air terjun. Namun, Anda dapat menemukan beberapa fasilitas seperti mushola, toilet dan juga kamar mandi di dekat tempat parkir.

Setelah membaca informasi tentang Air Terjun Bidadari di Kabupaten Lahat, persiapan liburan Anda tentunya akan lebih tertata. Anda harus membawa berbagai perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, kotak P3K, air minum, dll agar perjalanan Anda ke area air terjun menyenangkan dan aman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button