Libur Natal, pantai-pantai di Gunungkidul diserbu puluhan ribu wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Libur Natal, pantai-pantai di Gunungkidul diserbu puluhan ribu wisatawan

Harianjogja.com, Gunungkidul — Kunjungan wisatawan ke Gunungkidul mengalami peningkatan. Sejak Sabtu (24 Desember 2022) ini tidak lepas dari libur Natal.

Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul (Dispar) Muhammad Arif Aldian mengatakan ada peningkatan kunjungan wisatawan seiring dimulainya liburan akhir tahun. Kawasan pantai masih menjadi primadona karena banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Perbaikan terlihat pada hari Sabtu. 13.062 kunjungan didaftarkan dalam satu hari. Jumlah ini lebih tinggi dari kehadiran pada Sabtu (17/12/2022) yang hanya 8.244 orang.

Namun, kunjungan pada Minggu (25/12/2022) itu belum bisa dijelaskan secara detail. Ia berdalih data tersebut masih ada di masing-masing Tempat Pengumpulan Retribusi sementara penghitungan baru dilakukan pada malam hari. “Kepastian menunggu Isya selesai. Tapi yang jelas pengunjungnya masih banyak,” ujarnya.

Meski terjadi peningkatan, Aldian mengakui kejadian cuaca ekstrem beberapa hari terakhir juga berdampak pada kunjungan wisatawan. “Masih akan ada dampak karena ada hujan lebat dan angin kencang di pantai,” katanya.

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Dukung Pencabutan Status PPKM, Ini Alasannya

Ia berharap di sisa beberapa hari terakhir tahun 2022, kondisi cuaca bisa kondusif sehingga tingkat kunjungan wisatawan bisa lebih dioptimalkan. “Mudah-mudahan cuaca tetap cerah sampai pergantian tahun,” ujarnya.

Koordinator Unit Penyelamatan Khusus Kawasan 2 Pantai Baron Marjono mengatakan, kunjungan wisatawan justru meningkat seiring dengan libur Natal. Meski diguyur hujan sejak Minggu pagi, namun tidak menyurutkan semangat warga setempat untuk bermain ke pantai.

Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung dari Indrayanti hingga Baron. “Memang rame tapi untuk petugas TPR yang bertambah banyak yang tahu. Kami hanya membantu pengawasan saja,” ujarnya.

Menurut dia, hingga Minggu sore belum ada insiden terkait pengunjung. Meski gelombang meningkat, belum ada laporan kecelakaan yang melibatkan pengunjung. “Masih terkendali dan semoga pengunjung bisa sampai ke rumah masing-masing dengan selamat,” ujarnya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button