Semester I berhasil diselesaikan dengan topik perlindungan lingkungan - WisataHits
Jawa Timur

Semester I berhasil diselesaikan dengan topik perlindungan lingkungan

Perlindungan lingkungan telah berhasil dilaksanakan. [wiwit agus pribadi]

Probolinggo, Bhirawa

Pelaksanaan kegiatan semester 1 dengan tema Inovasi Semangat Kepanduan Rover 2022 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melalui Dewan Kerja Cabang (DKC), Brigade Pendukung (BP) 1313 dan Penegakan Pramuka/Pandega diadakan di Destinasi Wisata Pantai Bahak, Kecamatan Tongas, resmi berakhir pada Minggu malam (7/10).
Usai kegiatan semester pertama ini, jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo melakukan serangkaian evaluasi baik program maupun peserta. Termasuk membersihkan sampah sebelum kegiatan berakhir.
Menurut sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Edy Junaedi, kegiatan yang ditunggu-tunggu berupa pertemuan rutin berupa inovasi Rover Mood Scout yang pertama berjalan dengan sukses dan lancar.
“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Base Front Gugus yang telah berpartisipasi sebagai kompetitor. Tapi harapannya setidaknya apa yang dicontohkan Pramuka tentang menjaga alam melalui menjaga kebersihan sampah dan melestarikan mangrove yang ditanam untuk menjaga habitat dan ekosistem yang ada bisa diwujudkan oleh pengunjung dan pengelola bisa,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S. Wahjudi menambahkan selain pelestarian lingkungan pada semester pertama, juga terdapat kegiatan inovatif berupa lomba penyelamatan air.
“Perlombaan tersebut antara lain lomba peragaan busana ramah lingkungan, lomba videografi dan lomba foto,” ujarnya.
Didik menjelaskan, masalah kesehatan muncul dengan sangat baik dari asesmen yang dilakukan. Selain itu, semua kegiatan yang telah direncanakan dan diprogramkan sejak awal dapat terlaksana dengan baik. Termasuk pembuangan sampah pantai berupa sampah dari pengunjung dan akibat gelombang pasang.
Didik berharap wisatawan ikut serta menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah atau apapun pada tempat yang telah ditentukan. Pada saat yang sama, petugas Pokdarwis menjadi lebih profesional dalam pemeliharaan dan perawatan.
“Dalam kegiatan ini Pramuka juga melakukan penanaman pohon di sekitar pantai. Harapannya instalasi-instalasi yang sudah dilakukan oleh saudara-saudara sekalian ini dilakukan perawatan minimal tiga bulan sekali agar dapat hidup secara optimal sesuai harapan,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Timbul Prihanjoko, menegaskan kegiatan semester pertama ini merupakan suatu kehormatan untuk melepaskan kerinduan yang hampir gagal dipenuhi oleh Saudara Pramuka. “Harus kita akui sepuluh tahun berturut-turut kita sudah dua kali juara teratas sebagai pramuka teraktif se-Jawa Timur,” ujarnya.
Menurut Pj Bupati Probolinggo, pihaknya telah merencanakan pada 2022 bagaimana Pramuka dapat terlibat dalam penyelamatan sumber air dan lingkungan sebagai bagian dari pengabdian utama mereka kepada Kabupaten Probolinggo. Tetap semangat sesuai semboyan Pramuka, berbaik hatilah pada alam dan visi alam Kabupaten Probolinggo dapat terselamatkan.
Dari hasil penjurian lomba untuk lomba peragaan busana ramah lingkungan untuk putra, SMKN meraih 1 Wonomerto dan SMKN meraih 1 Wonomerto untuk putri. Juara I lomba videografi putra diraih oleh SMA Zaha Genggong dan putri diraih SMKN 1 Banyuanyar, dan juara I lomba fotografi putra diraih oleh SMAN 1 Leces dan putri diraih oleh SMAN 1 Paiton.
Pada kegiatan ini juga diputuskan bahwa kegiatan semester II akan dilaksanakan pada bulan Desember 2022 di wilayah tengah Kabupaten Probolinggo. Survei lingkungan lebih lanjut akan dilakukan untuk situs tersebut, tambahnya. [wap.fen]

Source: www.harianbhirawa.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button