Pantai Cidora, surga tersembunyi di Garut dan mencari sunset - WisataHits
Jawa Barat

Pantai Cidora, surga tersembunyi di Garut dan mencari sunset

TEMPO.CO, jakarta – Daerah Pantai Selatan Garut, Jawa Barat memiliki banyak pantai indah yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Cidora yang bersebelahan dengan Pantai Rancabuaya yang populer di kalangan wisatawan. Area pantainya cukup landai dengan pasir hitam dan bebatuan karang di beberapa sisi pantai.

Pantai ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka keramaian. Lebih sedikit pengunjung dari Rancabuaya membuat suasana pantai lebih tenang dan damai. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dan suasana pantai dengan lebih puas dibandingkan jika berada di pantai pribadi.

Inilah segalanya tentang Pantai Cidora.

Pemandangan di Pantai Cidora

1. Pesona alam

Pepohonan kelapa, pasir putih dan kejernihan laut menjadi pesona alam yang menambah daya tarik pantai. Mereka yang datang dijamin akan berdecak kagum saat melihat keindahan Pantai Cidora dari segala sudut. Wisatawan kerap membawa kamera untuk berfoto dengan latar belakang alam. Itu sebabnya tamu selalu datang ke sana.

Anda dapat melihat semua panorama dengan berjalan-jalan santai di sepanjang pasir. Pesona alam yang tersedia juga cocok untuk melepas penat di antara hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Traveler tinggal mencari tempat duduk yang nyaman sesuai keinginan. Anda juga bisa menikmati es krim kelapa muda sambil merenungkan pemandangan alam.

2. Laut yang indah

Pantai Cidora yang memiliki keunikan berupa air lautnya yang bersih kerap menjadi tujuan wisata. Selain itu, ada perahu nelayan yang hilir mudik mencari ikan untuk menambah keindahan pantai. Meski sudah banyak dikunjungi, air pantai tidak terlihat keruh. Pada siang hari laut tampak berwarna biru kehijauan karena begitu jernih.

Jika Anda beruntung Anda bisa melihat ikan yang sering muncul di pantai. Kerang dan rumput laut juga ada di pantai, yang sering difoto oleh pengunjung. Jika ingin bermain air bisa mengajak sanak saudara dan jangan takut karena ombaknya sangat tenang.

3. Lokasi matahari terbit dan terbenam

Pantai Cidora sering menjadi tempat pilihan untuk melihat keindahan matahari terbit dan terbenam. Panoramanya selalu ditunggu oleh pengunjung yang datang karena sangat indah. Selain itu, ketika Anda mengambil foto, akan menghasilkan foto yang estetis seperti gambar siluet. Banyak wisatawan datang bersama orang-orang terdekat untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

Pada hari-hari tertentu biasanya ada yang berkemah di pinggir pantai untuk menunggu pemandangan. Anda perlu mengabadikan momen ketika langit berubah warna untuk mengembalikan kenangan liburan. Para tamu dijamin akan terkagum-kagum saat menikmati sunrise dan sunset yang terlihat jelas dari pantai.

Lokasi Pantai Cidora

Pantai Cidora terletak di Desa Purbayani, Garut, Jawa Barat. Kawasan jalan raya selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berduyun-duyun ke pantai cantik ini. Selain itu, lokasinya dikenal sangat strategis dan dekat dengan kawasan wisata lainnya. Gunakan Google Maps jika Anda belum pernah ke destinasi ini untuk akses yang lebih mudah dan cepat.

Setiap rute yang dituju sudah memiliki akses aspal yang mulus. Pengunjung dapat memilih rute dari Garut Kota yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan. Anda bisa menuju kawasan Neglasari menuju Jalan Raya Cisoper sambil menikmati sejuknya udara. Kemudian langsung menuju kawasan Purbayani yang merupakan pusat pariwisata dan biasanya Anda bisa mendengar suara deburan ombak dari sana.

Berkendara ke pantai memang menyenangkan jika sudah selesai dengan sanak saudara. Selain itu, mencari titik lokasinya pun tidak sulit, karena sudah ada beberapa rambu. Setiap akhir pekan, banyak tamu yang memilih kawasan pantai. Akses jalan yang mudah tentunya cocok bagi siapa saja yang ingin datang dengan membawa kendaraan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

1. Mengejar Matahari Terbenam

Matahari perlahan tenggelam dalam panorama favorit sebagian orang. Selain itu, menikmati sunset pun terasa lebih seru ketika terjadi di area pantai berpasir. Anda bisa memotret matahari terbenam sambil bersantai. Kegiatan menarik ini tidak boleh dilewatkan dan wisatawan dapat memilih tempat duduk sepuasnya.

2. Abadikan momen

Pesona alam Pantai Cidora memukau para tamu. Kecantikan juga kerap diabadikan untuk dikenang saat liburan. Anda harus mencari titik di tempat yang berbeda karena ada banyak panorama. Ajak juga keluarga atau teman untuk membawa aksesoris agar foto terlihat lebih estetis.

3. Eksplorasi Kuliner

Wilayah pesisir memiliki pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai kuliner, mulai dari kepiting, ikan, hingga jajanan. Stand terdiri dari gubuk dengan kursi yang menghadap ke pantai. Anda bisa mencicipi makanan sambil melihat ombak. Masakannya yang lezat dijamin akan membuat Anda betah, apalagi jika dimasak langsung dari hasil tangkapan biota laut yang segar.

4. Sewa perahu

Perahu nelayan biasanya berhenti di pinggir Pantai Cidora yang dijadikan background. Beberapa perahu juga sengaja disewakan. Para tamu yang ingin wisata laut lepas dapat menyewa perahu dari staf. Anda akan terpukau ketika melihat berbagai keindahan dan air pantai yang jernih karena bebas dari sampah plastik.

5. Fitur air

Air lautnya yang berwarna toska cocok untuk berenang. Dari subuh hingga senja, banyak wisatawan yang bermain air sambil membawa keluarga. Anda bisa merasakan dinginnya air dan udara sejuk yang membuat betah. Tak hanya itu, siapkan kamera jika perlu merekam video atau sekedar mengambil foto saat bermain di laut lepas.

6. Memancing

Pantai Cidora menawarkan tempat memancing bagi pengunjung yang ingin menangkap ikan secara langsung. Sebenarnya ada banyak spesies biota laut yang hidup di pantai. Ombaknya tidak terlalu tinggi dan cocok untuk memancing. Namun, perhatikan habitat ikan dengan membawa secukupnya saja untuk menikmati pantai indah ini bersama keluarga.

7. Berjemur

Area pantai yang luas sering digunakan untuk berjemur saat pengunjung datang di pagi hari. Pantai yang indah ini langsung dipantulkan oleh matahari. Angin sepoi-sepoi pun terasa lebih nyaman saat berjemur. Tentu saja Anda bisa membawa kacamata hitam dan tikar khusus untuk duduk sambil berjemur

Fasilitas di Pantai Cidora

Ada beberapa fasilitas yang cocok di Pantai Cidora, antara lain kursi dan payung, bagi pengunjung untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan Pantai Cidora. Selain itu, ada juga tempat parkir untuk roda dua dan empat dengan pengawasan yang ketat.

Di Pantai Cidora juga terdapat tempat dimana Anda bisa menyewakan permainan seperti hoops, buoys dan boats. Anda bisa melakukan aktivitas seru untuk menikmati suasana pantai. Toilet bersih tersedia untuk digunakan pengunjung setelah bermain air. Di sana juga bisa dijadikan sebagai ruang ganti, karena kamar mandinya cukup luas dan banyak terdapat di setiap sudutnya.

Kuliner yang dijual di beberapa stand bisa dikunjungi oleh semua tamu. Makanan yang dijual dijamin enak dan bisa membuat perut para pembelanjanya kembung. Wisatawan yang ingin beribadah bisa datang ke musala karena khusus dibuka untuk umum. Fasilitasnya cukup lengkap dan pengelola selalu menjamin kenyamanan para pelancong yang datang ke pantai ini.

Biaya masuk ke pantai Cidora

Memasuki kawasan pantai hanya dikenakan biaya Rp 5.000 untuk semua pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan makanan/kuliner emporium di Pantai Cidora, dan harganya juga sangat terjangkau. Wisatawan yang membuat budget liburan tidak perlu khawatir, karena tarif yang dibutuhkan tidak mahal. Biasanya juga ada nelayan di daerah tersebut yang menjual ikan segar dengan harga mulai dari Rp 30.000. Hal ini menyenangkan wisatawan, karena pantai yang indah masih cukup murah.

Sedangkan tiket parkir kendaraan dijamin sesuai budget pengunjung. Tarifnya Rp 5.000 untuk tiket motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Semua harga tiket yang ditetapkan tidak mahal namun cukup ramah di kantong. Meski ramai di akhir pekan, negara ini bisa menampung semua kendaraan, jadi jangan khawatir dengan bujet saat menuju ke Cidora.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca Juga: Ini Tempat Wisata di Garut yang Bisa Dicapai Dalam Satu Hari

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button