Pemkab Dorong UMKM Dukung Jaringan Kota Kreatif Bantul - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Dorong UMKM Dukung Jaringan Kota Kreatif Bantul – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mempromosikan produk unggulan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah untuk mendukung terwujudnya Jaringan Kota Kreatif Dunia Bantul.

“Salah satu indikator evaluasi Bantul adalah jaringan kota kreatif adalah cara pemerintah daerah mempromosikan UMKM baik secara nasional maupun internasional,” kata Agus Sulistiyana, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Minggu di Bantul. .

Oleh karena itu, kata dia, setelah Kabupaten Bantul terdaftar sebagai bagian dari UNESCO Creative Cities Network yang dicanangkan Bupati beberapa waktu lalu, Pemkab akan terus melakukan upaya untuk mempromosikan produk unggulan UKM Bantul.

Kegiatan promosi produk UMKM Bantul salah satunya akan dilakukan dengan acara pameran tahunan bertajuk Bantul Creative Expo pada 21-25 Juli 2022 di Kompleks Pasar Seni dan Pariwisata Gabusan.

“Makanya kami meminta kegiatan ini untuk mendukung ‘hobiku’ (aplikasi pemersatu hobi) sekaligus dapat mempromosikan produk UMKM ini secara nasional dan internasional,” ujarnya.

Agus mengatakan Bantul Creative Expo merupakan bentuk lain dari Bantul Expo, kegiatan tahunan yang akan dilakukan dari tahun ke tahun dan akan fokus berkreasi mulai tahun 2022, yang ingin didukung Bantul sebagai World Creative Network City.

“Tentunya semua kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan kreatif harus bisa mendukung terwujudnya kota kreatif Bantul, makanya kita ubah Bantul Expo, kita fokus ke Creative Expo,” ujarnya.

Ia mengatakan, pameran tersebut merupakan yang pertama digelar terkait pascapandemi COVID-19 yang melanda selama dua tahun terakhir, karena ekonomi UMKM berdampak luar biasa dan diharapkan bisa merevitalisasi perekonomian UMKM.

“Kegiatan ini akan dilakukan untuk mendukung penuh Bantul kota jaringan kreatif versi UNESCO, kegiatan yang berkaitan dengan promosi serta transaksi bagi UKM, baik promosi transaksi tatap muka atau cara lainnya dan digital,” ujarnya.

Selain mempromosikan produk UMKM Bantul, kegiatan ini juga berfungsi untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan menampilkan potensi budaya yang ada di Bantul.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button