6 Pantai di Blitar dengan Panorama Alam yang Menakjubkan dan Indah - WisataHits
Yogyakarta

6 Pantai di Blitar dengan Panorama Alam yang Menakjubkan dan Indah

Gaya hidup VIVA – Ada berbagai tempat pemandian di Blitar yang wajib dikunjungi oleh anda yang menyukai laut. Memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan yang akan membuat pengalaman liburan semakin seru dan mendebarkan. Wisata alam ini merupakan cara terbaik untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Karena wisata alam tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga dilengkapi dengan udara yang sejuk, bersih dan segar. Salah satu bentuk wisata alam yang digemari banyak orang adalah wisata pantai di Blitar. Blitar sendiri merupakan kota di Jawa Timur yang dekat dengan laut, sehingga banyak pantai yang bisa Anda temukan.

Sebelum mengunjungi berbagai pantai di Blitar, ada baiknya Anda mempertimbangkan aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan di sana. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyiapkan peralatan yang diperlukan. Hal ini dikarenakan banyak pengelola yang tidak menyediakan peralatan yang lengkap atau fasilitas yang kurang memadai.

Jadi akan lebih baik jika Anda sudah membenahi aktivitas yang akan dilakukan di sana selama liburan Anda. Kegiatan meliputi bermain pasir, berenang, snorkeling, menyelam, berselancar, Naik perahu, berkemah, bersantai di pantai, menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit, dan mengambil foto. Berikut gambaran lengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur.

Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur.

Pantai di Blitar ini memiliki panorama alam yang sangat sejuk dan sering menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut. Karena penampakan di pantai ini sangat mirip dengan Raja Ampat di Papua. Untuk menuju tempat ini Anda harus mencoba jalan berbukit terlebih dahulu.

Walaupun jalur yang ditempuh cukup terjal namun sesampainya di pantai Anda akan melihat pemandangan laut biru yang sangat jernih dengan tebing-tebing besar yang mengelilinginya. Lokasi Pantai Peh Pulo berada di Dusun Peh Pulo, Desa SumClean, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

2. Pantai Serang

Pantai Serang merupakan salah satu pantai di Blitar yang cukup sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Terletak di Desa Serang, Panggungrejo. Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak laut yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air bersama keluarga.

Pada setiap Surat 1 penanggalan Jawa, masyarakat setempat biasanya mengadakan ritual Larung Saji di pantai ini. Penduduk setempat akan menyembelih ternak, lalu kepala mereka akan dicuci ke laut. Tujuan dari ritual tersebut adalah untuk menyelamatkan warga sekitar untuk tahun depan.

3. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Dibutuhkan usaha dan tenaga yang banyak untuk bisa mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai ini terletak di kawasan Desa Sidomulyo, Bakung, dan memiliki sambungan jalan yang cukup sulit untuk diakses, yang lebih cocok untuk penggunaan kendaraan off-road. Setelah sampai di lokasi, Anda harus menuruni tebing menggunakan tangga yang telah disediakan.

Namun kerja keras Anda akan terbayarkan sesampainya di sana karena Anda akan disambut dengan pemandangan indah khas pantai Umbul Waru. Pasir putih dan bersih di pantai ini memiliki tekstur yang cukup halus sehingga memudahkan Anda untuk bersantai. Pemandangan laut yang biru juga akan memanjakan mata dan pikiran Anda.

Tak hanya itu, pantai di Blitar ini memiliki hal menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Anda akan menemukan air terjun yang mengalir dari sungai di atas tebing. Saat air laut surut, Anda bisa menuju lokasi air terjun untuk menyaksikan keindahan alam ciptaan Tuhan dari dekat.

4. Pantai Kabin

Pantai Kaben

Terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Wonotirto, pantai ini dapat ditempuh dengan jarak hingga 30 kilometer dari pusat kota. Bisa dikatakan akses menuju pantai di Blitar tidak begitu mulus. Hal ini karena Anda harus melewati jalan yang terjal dan Anda juga akan menjumpai berbagai tanjakan yang cukup menantang.

Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan, Pantai Kaben masih sepi. Maka jangan heran jika anda akan disambut dengan suasana yang tenang saat tiba di pantai ini. Karena tidak banyak pengunjung, pantai ini masih terjaga kebersihannya. Alhasil, pantai yang satu ini juga sangat alami dan memiliki pemandangan yang sangat bagus.

Keunikan lain yang dimiliki Pantai Kaben adalah lokasinya yang berbentuk. Pantai yang terletak di sebelah tenggara Kota Blitar ini memiliki bentuk cincin yang diisolasi oleh dua buah karang besar. Nah, koral memiliki keunggulan dalam memecah ombak, sehingga ombak yang menggembalakan pantai cukup kecil.

5. Pantai Pasur

ilustrasi pantai.

Tidak seperti kebanyakan pantai di Blitar yang memiliki pasir putih atau coklat, Pantai Pasur ini justru memiliki pasir kehitaman. Karena kondisi alamnya, kunjungan ke Pantai Pasur mengingatkan Anda pada Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Sedangkan karakteristik ombaknya cukup besar, sehingga disarankan untuk tidak berenang.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa bermain air di muara di sisi barat pantai yang satu itu. Di sini Anda juga akan menemukan banyak gundukan pasir dan beberapa perahu nelayan yang menepi ke pantai. Terletak di Desa Bululawang, Bakung, pantai ini belum dibuka sebagai objek wisata resmi.

Maka jangan heran jika tidak menemukan fasilitas penunjang pariwisata seperti warung, toilet atau penginapan di tempat ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana berkunjung ke sini disarankan untuk membawa bekal sendiri saat berlibur di Pantai Pasur.

6. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Foto:

  • Disporbudpar.blitarkab.go.id

Ini adalah pantai yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar Blitar. Dari pusat kota Anda hanya perlu berkendara sekitar 1 jam ke selatan dengan mobil. Terletak di kecamatan Wonotirto, Blitar, dalam perjalanan ke sini Anda akan melihat banyak bukit hijau yang menawarkan pemandangan indah.

Setelah sampai di sini, Anda bisa langsung menjelajahi tiga kawasan utama yang biasa dikunjungi. Mulai dari wilayah timur yang sering digunakan untuk bersantai karena lebih banyak pasirnya, wilayah tengah yang banyak bebatuan untuk memecah ombak, dan wilayah barat digunakan sebagai dermaga kapal nelayan. Fasilitas di sini juga terbilang lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah hingga restoran.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button