Ratusan orang menghadiri upacara peringatan Haul Sheikh Subakir di Gunung Tidar di kota Magelang - WisataHits
Yogyakarta

Ratusan orang menghadiri upacara peringatan Haul Sheikh Subakir di Gunung Tidar di kota Magelang

Wartawan Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Upacara peringatan Haul Syekh Subakir dilaksanakan Pemkot Magelang di Kebun Raya Gunung Tidar, Jumat (2/9/2022).

Acara peringatan Haul Syekh Subakir dipimpin oleh Wakil Walikota Magelang M Mansyur dan dihadiri oleh seluruh jajarannya.

Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat dan mahasiswa juga hadir.

Kegiatan diisi dengan sholat berjamaah dan ngaji bersama di areal makam di atas kebun raya Gunung Tidar.

Yhan Noercahyo Wibowo, Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar mengatakan, sejak tahun 2018, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun di bulan Safar. Tepatnya pada minggu pertama dan pada hari Jumat.

“Sekitar 150 orang hadir dalam haul, tidak hanya pejabat dan tokoh agama, tetapi juga masyarakat sekitar Desa Magersari. Acaranya masih sederhana, tapi tetap khusyuk,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Haul Syekh Subakir ini adalah untuk mengenang dan mendoakan jasa-jasa Syekh Subakir dan melanjutkan perjuangannya untuk kota Magelang yang sejahtera.

“Sebenarnya prinsip haul ini adalah untuk mengenang jasa-jasa beliau dan mendoakan almarhum Syekh Subakir yang berjuang di Magelang. Kami juga memiliki semangat untuk melanjutkan perjuangannya untuk kota Magelang,” ungkapnya.

Mansyur berharap Gunung Tidar dapat menjadi destinasi wisata yang lebih maju bagi masyarakat Magelang maupun luar Magelang, baik untuk wisata religi maupun wisata budaya.

“Harapannya masyarakat di Kota Magelang dan sekitarnya mau berkunjung ke Kota Magelang dengan wisata ke depannya. Silakan kalau mau wisata budaya, religi, yang terpenting bisa mengunjungi Gunung Tidar dengan arus wisatawan yang banyak,” kata Mansyur.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button