Gua Pindul, Pesona Stalacatites dan Stalagmit di Gunung Kidul - WisataHits
Yogyakarta

Gua Pindul, Pesona Stalacatites dan Stalagmit di Gunung Kidul

TAGAR.id, Jakarta – Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Gua Pindul.

Terletak di Dusun Titlean, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, tempat ini memiliki pemandangan stalaktit dan stalagmit dalam aktivitas cave tube.

Cave tubing merupakan kegiatan hilirisasi dengan menggunakan pelampung tingkat keselamatan sesuai standar internasional.

Berbeda dengan arung jeram yang dilakukan di arus deras, cave tubing dilakukan di arus air yang cukup tenang. Aliran air di sepanjang goa ini cukup jernih dan dingin. Panjang kawasan wisata ini kurang lebih 350 meter dengan lebar hingga 5 meter.

Jangan heran jika banyak kelelawar yang terbang hilir mudik di tempat ini. Ini seperti suguhan selamat datang bagi wisatawan. Kelelawar ini akan berkolaborasi dengan ornamen gua yang terlihat seperti lukisan.

Ada satu ruangan yang sangat menarik untuk disimak. Lokasi tersebut biasanya digunakan untuk masuknya tim SAR. Ruangan ini memiliki lubang untuk masuknya sinar matahari.

Ini menciptakan pemandangan yang fantastis. Tempat ini menjadi daya tarik yang juga sering dijadikan sebagai spot foto para wisatawan.

Keamanan para wisatawan terjamin karena cave tubing dilakukan dengan petugas yang terlatih dan membantu.

Ada 3 zona yang akan dilalui semua wisatawan. Zona-zona tersebut adalah zona terang, zona gelap dan juga zona gelap. Perjalanan dimulai di zona terang.

Kemudian masuk ke Zona Dim. Hingga akhirnya memasuki zona gelap yang membuat jantung berdegup kencang akibat suasana tegang namun seru.

Namun, ada mitos bahwa wisatawan tetap awet muda dan berkontribusi pada kecantikan wanita dengan terpapar tetesan air stalagaktit ini. Jika yang bersangkutan adalah laki-laki, air dapat meningkatkan vitalitas.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket

Wisata Gua Pindul terletak di Dusun Titlean, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai tempat ini, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan Wonosari. Kemudian lurus menuju Pathuk dan Wonosari.

Sesampainya di bundaran empat arah, yaitu Bundaran Siyono, terdapat bangunan air mancur di tengahnya. Lurus terus sampai menemukan perempatan besar. Di pertigaan ini belok kiri menuju desa Bejiharjo. Saat Anda sampai di desa ini Anda akan disambut oleh beberapa pemuda yang akan menjadi pemandu Anda.

Untuk memasuki kawasan Gua Pindul, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Untuk masuk ke objek wisata Gua Pindul dikenakan biaya masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk fasilitas arung jeram seperti hoop dan life jacket.

Gua Pindul beroperasi setiap hari mulai pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB. Fasilitas yang dibeli dengan harga Rp 50.000 adalah asuransi, guide, vest, life jacket.

Biasanya sebelum gua. Pemandu akan melakukan sedikit pelatihan dan memberi tahu Anda cara aman selama perjalanan.

(Aldila Daradinanti)

Source: www.tagar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button