Curug Gleweran, air terjun cantik dengan keindahan alam yang memukau di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Gleweran, air terjun cantik dengan keindahan alam yang memukau di Bogor

Curug Gleweran, air terjun cantik dengan keindahan alam yang memukau di Bogor
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ciasmara, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Beragam air terjun di Indonesia bisa menjadi tujuan wisata terbaik bagi sebagian orang, tak terkecuali Curug Gleweran Bogor. Air terjun yang tergolong kecil ini tidak pernah sepi pengunjung saat musim liburan. Mulai dari pemandangannya yang indah, udaranya yang segar, airnya yang jernih, ada beberapa alasan mengapa air terjun ini selalu ramai pengunjung.

Ada keistimewaan tersendiri yang membuat wisata alam ini berbeda dengan wisata alam lainnya yaitu air yang mengalir disana berasal dari curug Cikawah. Maka dari itu tidak heran jika pemandangan alam di sini sangat indah dan menyejukkan. Oleh karena itu, wisata air terjun ini cocok dikunjungi untuk menenangkan pikiran sejenak.

Sebelum mengunjungi air terjun yang indah ini, wisatawan harus mempelajari atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Dengan begitu, waktu liburan mereka bisa terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk mengetahuinya, berikut kami bagikan informasinya!

Atraksi yang ditawarkan oleh Curug Gleweran

Obyek wisata Curug GleweranFoto: Google Maps/Deni Andriansah

Dari sekian banyak air terjun yang ada di kawasan Bogor, Curug Gleweran lah yang paling menarik. Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke sini, wisatawan harus mengetahuinya dengan baik. Berikut adalah beberapa objek wisata di jalur alam ini yang menginspirasi orang untuk berkunjung:

✦ Di dasar kolam terdapat batu-batu kecil yang unik

Salah satu yang membuat wisata air terjun ini berbeda dengan wisata air terjun lainnya adalah di dasar kolam terdapat batu-batu kecil yang unik. Mengapa kami mengatakan bahwa batu ini unik? Karena batu-batu kecil itu berwarna kemerahan karena mengandung air belerang.

Meski begitu, batu-batu kecil tersebut dapat membuat aktivitas liburan pengunjung menjadi lebih menyenangkan. Karena tidak semua air terjun yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersebut. Nantinya, batu-batu ini juga bisa digunakan untuk membuat permainan air yang menyenangkan.

✦ Pemandangan alam yang menakjubkan

Sudah bisa ditebak salah satu daya tarik wisata alam ini adalah bentang alamnya yang sangat indah. Bagaimana bisa? Di kanan kiri air terjun ini, wisata dikelilingi oleh pepohonan hijau yang asri, sehingga orang bisa menghirup udara segar di sana.

Tak hanya itu, pemandangan alam yang indah ini juga bisa dijadikan spot foto yang sangat menarik. Foto-foto yang menggunakan background panorama di sini akan tersedia untuk diunggah ke akun media sosial seperti Instagram dan Facebook. Jadi, Anda tidak perlu ragu jika ingin berfoto di Curug Gleweran.

✦ Jalur pendakian yang mengasyikkan

Karena jalan-jalan di Bogor cukup jauh, maka berwisata di kawasan ini tidak terlalu mudah. Meski begitu, jalur trekking di sini cukup seru. Nantinya, trekking bisa dimulai dari persawahan milik warga dan dilanjutkan ke kawasan hutan hijau.

Saat menuju objek wisata alam ini, wisatawan harus selalu berhati-hati. Karena jalanan cenderung licin dan sempit. Meski begitu, sudah banyak wisatawan yang percaya bahwa jalur pendakian di sini bisa membangkitkan rasa pantang menyerah pada banyak orang.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug GleweranFoto: Google Maps/Anggy Anggraini

Selain sebagai objek wisata, masyarakat juga perlu mengetahui alamat lengkap dan rute menuju objek wisata alam ini. Curug Gleweran terletak di Desa Ciasmara, Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat dan memiliki rute yang cukup sulit dijangkau. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk mengunjunginya.

Bagi wisatawan yang memulai perjalanan dari Jakarta dapat melanjutkan perjalanan ke daerah Cibubur dan Cileungsi. Kemudian arahkan kendaraan menuju area Sirkuit Citeureup dan Sentul. Tiba di lokasi, ambil jalan menuju Jl Raya Bogor dan Bubulak hingga tiba di zona Darmaga IPB.

Sesampainya di kawasan tersebut, ambil jalan menuju pertigaan Cibatok dan pertigaan Cemplang. Tak lama kemudian, kawasan Cibitung terlihat dan tempatnya berada di depan kampung Ciasmara. Ikuti rambu jalan hingga sampai di desa Ciasmara yang merupakan wisata alam.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Alasan lain kenapa wisata air terjun ini selalu ramai pengunjung saat musim liburan tiba adalah karena harga tiket masuk yang ditawarkan relatif terjangkau yaitu hanya Rp 10.000 per orang. Hanya dengan mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau seperti ini orang bisa menghabiskan waktu liburannya dengan menyenangkan.

Sedangkan bagi pengunjung yang datang ke sini dengan kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000. Namun, tarif ini hanya berlaku untuk sepeda motor. Selain dua macam biaya tersebut, wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat berkunjung ke sini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan Curug GleweranFoto: Google Maps/Trianto Leksono

Banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi air terjun cantik ini. Ragam aktivitas yang bisa dilakukan bisa membuat anak-anak semakin betah menghabiskan liburannya di sini. Namun, orang tua dituntut untuk selalu mengawasi anaknya saat bermain. Nah, kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di sini?

1. Mainkan air

Kegiatan seru pertama yang bisa dilakukan di Curug Gleweran adalah bermain air. Kegiatan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh pengunjung dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Selain itu, di dasar kolam ini juga terdapat batu-batu kecil yang membuat aktivitas ini semakin menyenangkan. Sehingga masyarakat terdorong untuk mencobanya.

2. Berfoto di Curug Gleweran

Saat ini foto-foto Curug Gleweran sudah banyak terpampang di internet, agar masyarakat bisa mengetahui betapa indahnya alam yang ada di sini. Dari dulu hingga sekarang, banyak orang yang memanfaatkan keindahan alam ini untuk berfoto. Oleh karena itu, pengelola wisata alam ini akhirnya memutuskan untuk menyediakan sejumlah spot foto yang menarik.

3. Nikmati keindahan alam yang luar biasa

Saat mengunjungi wisata air terjun ini, wisatawan tidak perlu melakukan aktivitas yang menantang atau menyenangkan. Namun, mereka juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam luar biasa yang mengelilinginya. Hanya dengan melakukan kegiatan ini mereka dapat bangkit kembali ketika kembali dari liburan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun GleweranFoto: Google Maps/Hafidh Aldiza

Dari segi fasilitas, Curug Gleweran masih tergolong kurang. Namun, hal tersebut tidak mengurangi daya tarik sirkuit alam ini. Memang fasilitas umum yang sangat dibutuhkan pengunjung sudah tersedia di sini, dan beberapa di antaranya adalah:

  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • tempat istirahat

Keempat fasilitas tersebut dapat membuat wisatawan betah selama berlibur di wisata air terjun ini. Oleh karena itu, minimnya fasilitas di sini tidak terlalu mempengaruhi jumlah pengunjung. Bahkan, seiring berjalannya waktu, jumlah pengunjung tempat ini semakin meningkat.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan, pemandangan alam Curug Gleweran bisa membuat banyak orang terkagum-kagum. Wisata alam ini tidak hanya cocok untuk kunjungan keluarga, tetapi juga untuk teman, sahabat, dan pasangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button