8 Destinasi Wisata Sejarah di Indonesia, Dari Masjid Hingga Benteng! - WisataHits
Jawa Tengah

8 Destinasi Wisata Sejarah di Indonesia, Dari Masjid Hingga Benteng!

Wisata sejarah di Indonesia

Lubang Jepang, Bukittinggi (ShutterStock)

FAKTA-INDONESIA: Dari sekian banyak negara di dunia, Indonesia sering disebut sebagai negara yang memiliki beragam wisata alam yang indah. Tidak hanya tentang alam, negara ini juga memiliki destinasi wisata Wisata sejarah di Indonesia tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Di masa lalu, Indonesia dijajah oleh Belanda selama sekitar 350 tahun. Indonesia juga dikenal dengan masyarakat Islam dan kerajaan-kerajaan kunonya. Tidak hanya itu, masih banyak lagi sejarah panjang Indonesia. Untuk mengenang semua pertempuran tersebut, semuanya terarsip dengan baik di berbagai tempat wisata sejarah di Indonesia.

Apalagi sekarang masih bulan Agustus, cukup seru dan menarik untuk mengunjungi destinasi wisata sejarah di Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-77.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Seru di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi!

Berikut beberapa destinasi wisata sejarah di Indonesia yang dirangkum factualid.com dari berbagai sumber.

1. Kota Tua Jakarta

Wisata sejarah di Indonesia

Kota Tua Jakarta (Khusus)

Destinasi wisata sejarah pertama di Indonesia adalah Kota Tua Jakarta. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kawasan ini dikenal sebagai ikon sejarah ibu kota. Dulunya, Kota Tua merupakan pusat pemerintahan pada masa penjajahan Belanda.

Untuk merasakan suasananya, masih ada bangunan berarsitektur Belanda yang masih berdiri hingga saat ini. Ada juga beberapa museum di sana yang memberikan wawasan tentang sejarah perjuangan Indonesia.

Museum sejarah yang dapat dikunjungi antara lain Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bahari.

Selain itu, kota tua kini telah direvitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta, sehingga sangat ramah wisatawan. Dengan cara ini, sangat cocok bagi warga ibu kota dan wisatawan untuk berwisata sejarah sambil menikmati suasana kota Jakarta

2. Taman Sari, Yogyakarta

Wisata sejarah di Indonesia

Taman Sari, Yogyakarta (Khusus)

Taman Sari Yogyakarta merupakan tempat relaksasi dan peristirahatan bagi Sultan Hamengku Buwono I, permaisuri, anak-anak dan kerabatnya. Jika Anda berkunjung ke Kota Gudeg, jangan lupa datang ke sini. Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja sudah bisa masuk.

Di sana Anda dapat melihat jejak kawasan ini, yang dulunya terdiri dari kolam pemandian, ruang ganti, taman, ruang dansa, dan lainnya. Apalagi wisata sejarah di Indonesia ini juga menjadi tempat pertahanan karena memiliki lorong bawah tanah, dapur, jembatan gantung dan berbagai bangunan lainnya.

Jika ingin menelusuri kembali sejarah masa lalu kawasan ini namun takut tersesat, disarankan menggunakan jasa pemandu wisata dengan biaya Rp 50.000 per orang.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Indah dan Mempesona, Nggak Harus Kamu Mampir!

3. Lubang Jepang, Bukittinggi

Wisata sejarah di Indonesia

Lubang Jepang, Bukittinggi (ShutterStock)

Destinasi wisata sejarah di Indonesia selanjutnya adalah Lubang Jepang di Bukittinggi, Sumatera Barat. Situs ini diketahui memiliki 21 lorong samping, yang pernah digunakan sebagai barak tentara, ruang sidang, ruang komando, pintu penyergapan, pintu pelarian ke situs pembantaian.

Terowongan itu sendiri memiliki kedalaman hingga 60 meter. Dari sekitar 6 kilometer tersebut, saat ini baru 1,5 kilometer yang dibuka untuk kebutuhan pariwisata masyarakat umum dan sisanya ditutup oleh pemerintah. Daerah yang pernah dianggap sebagai lubang terpanjang di Asia ini menyimpan catatan sejarah kelam pada masa penjajahan Jepang.

Lubang Jepang ini sering ramai dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan berjalan kaki dari Jam Gadang yang hanya berjarak 15 menit. Sesampai di sana Anda bisa menyewa jasa pemandu seharga sekitar 60.000 rupee yang akan menemani Anda dan bercerita tentang sejarah lubang Jepang.

4. Kota Tua, Semarang

Wisata sejarah di Indonesia

Kota Lama, Semarang (Dok Kemenparekraf)

Tentu saja, untuk menemukan lanskap sejarah di Jawa Tengah, orang langsung berpikir tentang Kota Tua di Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini sering disebut sebagai tujuan wisata sejarah di Indonesia karena merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan pada abad ke-19 dan ke-20.

Kawasan kota tua Semarang memiliki sekitar 50 bangunan tua yang masih berdiri dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata sejarah di Indonesia ini disuguhi sebuah bangunan berarsitektur Eropa kontinental sekitar tahun 1700-an, lengkap dengan atap yang unik, penggunaan kaca patri, serta pintu dan jendela berukuran besar.

Karena sejarahnya, Kota Tua Semarang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Kuno Semarang tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, tetapi juga menarik perhatian wisatawan asing. Kawasan ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah terbaik di Indonesia bagi Anda yang ingin menelusuri kembali jejak sejarah.

5. Benteng Rotterdam, Makassar

Wisata sejarah di Indonesia

Benteng Rotterdam, Makassar (Foto: Wikipedia)

Warga daerah Makassar yang ingin mengunjungi destinasi wisata bersejarah di Indonesia datang ke Fort Rotterdam. Sebelumnya benteng ini dibangun oleh Kerajaan Gowa-Tallo pada tahun 1545 dan jatuh ke tangan Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) sekitar tahun 1667.

Terletak di pesisir barat Makassar, tempat wisata bersejarah di Indonesia ini dulunya bernama Benteng Ujung Pandang. Sejak tahun 1970-an, benteng ini telah dipugar dan diubah menjadi pusat budaya dan pendidikan, tempat musik dan tari, dan tujuan wisata bersejarah.

Baca Juga: Destinasi Wisata Dunia, Bali Berhasil Capai 102 Persen Vaksinasi Tahap Pertama

Bahkan di kawasan ini, wisatawan dapat mengunjungi Museum Provinsi Sulawesi Selatan yang disebut La Galigo, yang memamerkan berbagai benda bersejarah, manuskrip, patung, gerabah, dan pakaian dari masa lalu.

6. Rumah Pengasingan Bung Karno, selesai

Wisata sejarah di Indonesia

Rumah pengasingan Bung Karno, akhir (Foto: Flickr)

Jika sedang berada di Pulau Flores, jangan lupa mampir ke Rumah Pengasingan Soekarno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di rumah inilah presiden pertama Indonesia diasingkan bersama keluarganya oleh pemerintah Hindia Belanda.

Kini rumah tersebut menjadi salah satu situs sejarah terpenting di Indonesia. Tidak jauh dari tempat wisata sejarah di Indonesia ini, Anda harus mengunjungi Taman Renungan Bung Karno di desa Rukun Lima.

7. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah

Wisata sejarah di Indonesia

Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah (Foto: Wikimedia Commons)

Masjid Menara Kudus adalah bangunan keagamaan umat Islam, dibangun sekitar tahun 1549, pada saat penyebaran Islam di pulau Jawa, dan diprakarsai oleh salah satu anggota Wali Sanga, Sunan Kudus.

Tempat wisata sejarah di Indonesia ini memiliki ciri khas berupa menara setinggi 18 meter dan luas lantai 10 x 10 meter. Masjid Menara Kudus telah masuk dalam daftar masjid tertua di Indonesia.

8. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Wisata sejarah di Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman (Foto: Wikimedia)

Salah satu destinasi sejarah yang kurang menarik di Indonesia adalah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Selain digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan, masjid ini pernah menjadi tempat penyebaran agama Islam. Dulu masjid ini cukup banyak pendatang dari Melayu, Persia, Arab hingga Turki yang datang ke sini untuk menuntut ilmu.

Saat tsunami 2004 melanda, masjid ini menjadi tempat penampungan sementara bagi para pengungsi. Saat ini Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi destinasi wisata sejarah di Indonesia dan ikon religi di Aceh.***

Baca Juga: 6 Hotel Bersejarah Legendaris dan Ikonik di Indonesia

Source: faktualid.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button