7 rekomendasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi di SemarangKabarMedan.com - WisataHits
Yogyakarta

7 rekomendasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi di SemarangKabarMedan.com

Berkunjung ke suatu daerah untuk berwisata, belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kulinernya. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kuliner khasnya adalah Semarang. Selain memiliki tempat wisata alam dan budaya yang luar biasa, makanan di Semarang dikenal sangat enak.

Selain itu, Semarang saat ini memiliki bandara berstandar internasional yaitu Bandara Ahmad Yani. Karena itu, banyak maskapai penerbangan, termasuk Sriwijaya Air, membuka rute penerbangan ke ibu kota provinsi Jawa Tengah itu. Agar pemesanan tiket pesawat online semakin nyaman, Anda juga bisa menggunakan Traveloka.

Pada dasarnya, ada beberapa tempat kuliner yang patut dicoba saat berkunjung ke Semarang. Yuk simak rekomendasinya di bawah ini!

  1. Warung nasi di kota tua Koyor

Warung makan ini dianggap sebagai legenda kuliner di Semarang karena sudah ada sejak tahun 1955. Lokasi stand makanan ini tepat berada di sebelah gedung Marba. Seperti namanya, hidangan utama di sini adalah nasi koyor.

Koyor sendiri merupakan bagian dari jeroan sapi yaitu urat. Satu porsi nasi koyor di sini terdiri dari nasi dengan koyoro, kacang panjang goreng, gudeng, tempe kering dan sambal tahu goreng. Resep dan cara memasak nasi koyor yang diturunkan dari generasi ke generasi ini dipertahankan sejak lama.

  1. Lorong Lumpia Lombok

Lumpia adalah salah satu makanan khas Semarang yang populer di kalangan wisatawan. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati jajanan khas Semarang ini adalah Lumpia Gang Lombok. Di sini disajikan 2 jenis lumpia yaitu lumpia basah dan lumpia kering goreng.

Isian Lumpia khas Semarang yang ditawarkan di sini adalah rebung dengan sambal petis. Meski begitu, Anda masih bisa memilih isian lumpia lain yang ingin dimakan, seperti ayam dan udang.

Porsi lumpia sendiri dimakan di sini bersama dengan saus dan acar. Sedangkan Lumpia Gang Lombok buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

  1. Tahu Gimbal H.Edy

Selain lumpia, tahu gimbal merupakan salah satu kuliner khas Semarang. FYI: Tahu Gimbal merupakan sajian berupa potongan tahu goreng yang disajikan dengan bakwan udang. Di Semarang, udang disebut gimbal, itulah nama masakan ini.

Udang bakwan dalam hidangan ini digoreng kemudian diiris dan dilengkapi dengan kol segar yang dicincang halus. Hidangan ini dilengkapi dengan bawang goreng dan seledri yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang disiram kecap manis. Terkadang hidangan ini juga ditemani dengan telur goreng.

Salah satu warung ikonik yang populer menjual hidangan ini adalah Tahu Gimbal H.Edy. Sebagai informasi, Warung Tahu Gimbal H. Edy sudah ada sejak tahun 1970-an, jadi tidak perlu diragukan lagi rasanya.

  1. Gudeg Koyor Miss Tum

Seperti Jogja, Semarang juga punya makanan pedas yang menjadi ciri khasnya. Hanya saja rasa gudeg khas Semarang ini cenderung berbeda dengan gudeg Jogja yang lebih manis. Gudeg khas semarang ternyata memiliki cita rasa yang lebih mengenyangkan.

Tak hanya itu, gudeg khas semarang ini ditambah koyor gurih dan berlemak. Untuk mencicipinya, Anda bisa mengunjungi Gudeg Koyor Mbak Tum. Sementara itu, Gudeg Koyor Mbak Tum yang sudah berdiri sejak tahun 1991 ini tidak hanya menyajikan hidangan hangat, tetapi juga menu lainnya seperti babat goreng dan lontong.

  1. Wahai toko

Tempat ini telah dibuka sejak tahun 1936. Bisa dibilang, inilah tempat kuliner tertua yang beroperasi di Semarang. Toko Oen menawarkan menu China, Jawa, dan Eropa. Toko Oen memiliki interior bergaya kolonial Belanda yang cantik.

Favorit tamu di Tokoe Oen termasuk lumpia di semarang, aneka es krim, dan steak daging sapi. Toko Oen sendiri buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

  1. Kari Kambing Bustaman Pak Sabar

Buka sejak 1969, gulai kambing masih disajikan dengan cara tradisional di stan ini. Kedai ini masih menggunakan oven berbahan bakar kayu untuk memasaknya, agar bumbu kari lebih meresap.

Bumbu gulai yang digunakan warung ini menggunakan perpaduan bumbu arab dan jawa dari resep turun temurun. Sekadar informasi: Warung Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

  1. Soto Bangkok

Soto Bangkong merupakan sajian Soto khas Semarang. Nama Bangkong sendiri merupakan nama toko yang terletak di Jalan Bangkong. Soto Bangkong sendiri sebenarnya adalah soto ayam ala semarang.

Kuahnya yang berwarna coklat bening sendiri merupakan ciri khas dari soto bangkong. Warna coklatnya sendiri berasal dari kecap buatan toko ini. Dalam satu porsi soto bangkong, Anda mendapatkan irisan tomat, bawang goreng, tauge, bihun, dan suwiran ayam kampung.

Sebagai pelengkap warung ini juga menawarkan lauk pauk tambahan seperti perkedel, sate kerang, sate ampela hati dan lain-lain untuk teman makan soto. Selain soto bangkong, kamu juga bisa menikmati menu lain seperti ayam goreng pedas dan asam garang di toko ini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner untuk dikunjungi di Semarang. Perburuan kuliner yang bagus!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button