Menjelajahi Pasir Gibug Brebes, Wisata Alam Indah di Lokasi Terpencil - WisataHits
Jawa Barat

Menjelajahi Pasir Gibug Brebes, Wisata Alam Indah di Lokasi Terpencil

Brebes

Kawasan wisata yang tergolong baru di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini memiliki panorama yang sangat indah. Tempat wisata ini tidak hanya memiliki berbagai wahana tapi juga banyak spot selfie yang instagramable.

Terletak di Desa Responding, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, kawasan wisata ini bernama Pasir Gibug. Berjarak sekitar 75 km dari kota Brebes dan terletak di daerah perbukitan. Bisa dibilang lokasinya cukup terpencil dan rute menuju wisatanya cukup menantang.

Namun setelah memasuki lokasi, rasa lelah selama perjalanan terbayar lunas. Indahnya panorama alam kawasan wisata Pasir Gibug seolah menghilangkan segala penat pengunjung selama perjalanan.

Wisata pasir Gibug ini meliputi area seluas sekitar 38 hektar. Tanah tersebut merupakan aset milik Pondok Pesantren Mubarokal Ulum, Desa Pen Respon. Awalnya hanya ada bangunan taman dan pendopo untuk tempat bermain para siswa. Lambat laun, taman indah ini mulai dikenal masyarakat luas melalui para orang tua siswa yang berkunjung.

“Awalnya hanya taman dan paviliun untuk mahasiswa. Ada dua, masing-masing satu untuk anak perempuan dan satu untuk anak laki-laki. Setiap ada wali santri yang datang, mereka akan jalan-jalan ke sana dan akhirnya bergerak luas di masyarakat,” kata Dzulfither Satya Bela Religi, pembina Ponpes Desa Tanggap Mubarokul Ulum, Minggu (23/10/2022).

Karena keindahan alam di sekitar pesantren, kata Dzulfither, banyak yang berkontribusi membangun objek wisata. Kemudian kawasan perbukitan ini dikembangkan menjadi kawasan wisata yang menakjubkan ini.

Wisata alam Pasir Gibug di Brebes.Wisata alam Pasir Gibug di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikJateng

Saat berkunjung di akhir pekan, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Karena letaknya yang berada di perbatasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sebagian besar pengunjung berasal dari daerah ini maupun dari kota-kota lain di sekitarnya.

Bagi yang melakukan perjalanan, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Sesampainya di tempat wisata, wisatawan bisa berfoto-foto cantik di tempat khusus yang instagramable.

Selain spot selfie, objek wisata Pasir Gibug Responsive memiliki kolam renang, gazebo untuk bersantai dan menikmati pemandangan Waduk Malahayu, taman bermain anak, dan lainnya.

Lalu ada Bukit Bintang Pasir Gibug yang cocok untuk wisata keluarga. Nikmati momen terbaik sambil menikmati hidangan favorit keluarga dengan latar belakang Waduk Malahayu dan pemandangan perbukitan dan pegunungan yang indah.

Salah satu wisatawan, Reni, 36 tahun, warga Kecamatan Larangan mengaku sangat terkesan saat melihat Wisata Pasir Gibug. Nikmati berbagai wahana di area yang sangat luas, yang membuat pengunjung sangat puas.

Wisata alam Pasir Gibug di Brebes.Wisata alam Pasir Gibug di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikJateng

“Kita bisa menikmati semua perjalanan dan liburan di sini tanpa hambatan. Pemandangannya sangat bagus dan dari lokasi ini terlihat jelas Waduk Malahayu,” kata Reni.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya…

Tonton video “Kafe disegel tanpa izin di Babarsari, ada perlawanan”.
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button