6 Wisata Madiun Paling Populer yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya - WisataHits
Jawa Timur

6 Wisata Madiun Paling Populer yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya

6 Wisata Madiun Paling Populer yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya

6 Wisata Madiun Paling Populer yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya
Masjid Kuncen Lama di kota Madiun. © 2022 Merdeka.com/Dok. Kotamadya Madiun

Merdeka.com – Mengunjungi berbagai tempat wisata di Madiun patut menjadi pertimbangan saat berkunjung ke kota ini. Terletak di Provinsi Jawa Timur, Wisata Madiun menawarkan berbagai kesempatan rekreasi untuk dinikmati bersama keluarga.

Sebut saja wisata alam, wisata sejarah atau wisata kuliner yang bisa Anda nikmati di kota pejuang ini. Anda pasti pernah mendengar atau bahkan makan Pecel Madiun bukan? Ya, kuliner ini sebenarnya sangat populer tidak hanya di Madiun, tetapi juga di luar kota.

Artikel media taboola

Tidak hanya melengkapi pengalaman liburan Anda dengan menikmati kuliner khas Madiun, tetapi juga mengunjungi destinasi wisata Madiun berikut ini. Dilansir dari laman Liputan6.com, selengkapnya.

2 dari 4 halaman

1. Hutan Pinus Nongko-Ijo

Rekomendasi wisata pertama dari Madiun adalah Hutan Pinus Nongko Ijo. Terletak di desa Kare, Madiun, Jawa Timur, wisata ini menawarkan rindangnya pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan sangat indah.

Terletak di kaki Gunung Wilis, Hutan Pinus Nongko Ijo menawarkan udara pegunungan yang sejuk dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Anda pasti akan merasa nyaman menghabiskan waktu di sini.

Hutan Pinus Nongko-Ijo bahkan menawarkan tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam dengan nuansa alam. Kawasan wisata Madiun ini juga memiliki berbagai fasilitas menarik seperti rumah pohon, ayunan, spot foto, warung makan dan ruang terbuka untuk bersantai.

2. Taman Wisata Gunung Kendil

Rekomendasi wisata Madiun yang kedua adalah Taman Wisata Gunung Kendil. Di tempat wisata di Pilangrejo, Wungu, Madiun ini, Anda bisa menikmati suasana pegunungan yang luas dan asri.

Dari Taman Wisata Gunung Kendil Anda bisa melihat perbukitan, hutan dan persawahan di sekitarnya. Uniknya adalah perbukitan di Gunung Kendil yang didominasi warna kecoklatan berupa tebing dan tidak ada pepohonan.

Taman Wisata Gunung Kendil juga dilengkapi dengan pendopo, arena balap motor, kendaraan segala medan dan area latihan target untuk Anda nikmati. Daerah ini juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbenam.

3 dari 4 halaman

3. Makam dan Masjid Tua Taman

Rekomendasi wisata Madiun yang ketiga adalah makam kuno dan masjid Taman. Terletak di Desa Taman, Madiun, Makam dan Masjid Purba Taman merupakan tempat wisata sejarah di Madiun.

Nama lain dari masjid ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Agung Tua Madiun. Masjid ini dibangun pada tahun 1754 oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro. Masjid yang awalnya bernama Masjid Donopuro ini didirikan di atas tanah bebas pajak atau wilayah kekuasaan kerajaan Mataram.

Setelah masjid tua yang dikelilingi makam mantan Bupati Madiun ini masuk dalam daftar cagar budaya peninggalan tahun 1981, namanya diubah menjadi Masjid Agung Madiun Lama.

4. Tugu Kresek

Rekomendasi wisata Madiun yang keempat adalah Monumen Kresek. Terletak 8 kilometer sebelah timur Kota Madiun, Tugu Kresek merupakan salah satu wisata Madiun yang dibangun untuk memperingati tragedi politik berdarah tahun 1948.

Orang menyebutnya Peristiwa Madiun. Kronologis kejadian ini kemudian diabadikan dalam diorama dan relief. Tragedi Madiun sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Kejadian ini memakan banyak korban di Desa Kresek, mulai dari anggota TNIDesa Pamong, hingga masyarakat biasa.

4 dari 4 halaman

5. Air Terjun Severu

Rekomendasi wisata kelima Madiun adalah Air Terjun Seweru. Terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Madiun, air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang sayang untuk dilewatkan.

Dibutuhkan perjuangan yang panjang untuk mencapai lokasi Air Terjun Seweru ini. Namun, upaya itu akan sesuai dengan keindahan lanskap dan nuansa yang dimilikinya.

Air Terjun Seweru bersumber dari mata air di kaki gunung yang muncul di atas pohon yang rindang. Berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut seluas sekitar 6 hektar, air terjun ini menawarkan pemandangan dan suasana yang menakjubkan.

6. Air Terjun Krecekan Denu

Rekomendasi wisata keenam dari Madiun adalah air terjun Krecekan Denu. Terletak di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun, air terjun ini menawarkan pemandangan pepohonan tropis yang sangat menarik bagi wisatawan.

Di air terjun ini Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, akses menuju air terjun ini cukup mudah melalui jalan beraspal. Meski debit air di Air Terjun Krecekan Denu tidak begitu deras, namun air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan yang tidak boleh dilewatkan.

[edl]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button