47 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo Ikuti Ujian Keterampilan Jurnalistik - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

47 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo Ikuti Ujian Keterampilan Jurnalistik – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo telah mengikuti uji kompetensi Jurnalistik selama dua hari, Rabu-Kamis (23-24/11/2022). (Solopos.com/Sheila Agathea Nataline S.)

Solopos.com, SOLO — Tak kurang dari 47 mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mengikuti uji kompetensi jurnalistik selama dua hari yang diselenggarakan Solopos Institute pada Rabu hingga Kamis (23/2022).

Acara yang berlangsung di ruang seminar FISIP UNS Solo ini dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Ke-47 siswa tersebut dibagi menjadi enam kelompok. Setiap kelompok ujian diinstruksikan oleh satu penguji.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Penguji yang bertugas dalam Uji Kompetensi Jurnalistik FISIP UNS Solo selama dua hari ini berasal dari wartawan Solopos yaitu Ichwan Prasetyo, R. Bambang Aris Sasangka, Ayu Prawitasari, Adib M. Asfar, Anik Sulistyawati dan Ivan Indrakesuma.

Materi tes berkaitan dengan seberapa baik mahasiswa solo FISIP UNS menguasai bidang jurnalistik dan jurnalistik. Pada hari pertama, peserta Uji Kompetensi Jurnalistik mendapatkan dua materi tes, yakni pengetahuan umum jurnalistik dan kode etik jurnalistik.

Dalam setiap materi ujian, siswa harus melewati dua ujian, yaitu menjawab soal di Google form dan menjawab ujian secara lisan. Direktur Prodi Komunikasi FISIP UNS Solo Sri Hastjarjo menyampaikan tujuan dan harapan diadakannya uji kompetensi jurnalistik.

Baca Juga: Asyiknya Nongkrong Bareng Anabul di Solo Cat Cafe

“Ini adalah kesempatan berharga dan mahal karena para mahasiswa dapat langsung belajar bagaimana menjadi jurnalis dan terhubung langsung dengan industri saat ini. Selain itu juga, [Uji Kompetensi Jurnalistik] di bawah pimpinan PT Aksara Solopos,” ujarnya dalam sambutannya, Rabu (23/11/2022).

Salah satu peserta Uji Kompetensi Jurnalistik FISIP UNS Solo, Desas Noel, menuturkan pengalaman yang tak terlupakan selama mengikuti kegiatan ini.

“Seru. Saya kira soalnya banyak dan susah. Soalnya cuma tiga. Masing-masing materi ada justifikasi jawabannya. Kemudian dapat ilmu yang bermanfaat dari dosen pembimbing juga saat ujian lisan. Kalau jawabannya salah, yang benar akan diberikan untuk Anda bagikan, ”katanya saat berbicara dengan Solopos.com, Rabu.

Pada hari kedua Ujian Kompetensi Jurnalistik, Kamis (24/11/2022), mahasiswa solo FISIP UNS mendapat ujian praktek membuat berita. Pengelola Solopos Institute Sholahuddin lulus ujian praktik pada hari kedua uji kompetensi jurnalistik dengan memperkenalkan narasumber kepada Kepala UPT Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Solo, Sumeh.

“Kepala UPT Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Solo menggelar konferensi pers untuk dijadikan pengalaman bagi para mahasiswa [kegiatan konferensi pers] dan membuat berita segera setelah konferensi pers, ”katanya.

Baca Juga: Tahukah Kamu Danau UNS Solo Bisa Jadi Tempat Berdiskusi Sambil Cuci Mata?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button