20 Tempat Wisata Di Purwakarta Lengkap Dengan Harga Tiket Masuk - WisataHits
Jawa Barat

20 Tempat Wisata Di Purwakarta Lengkap Dengan Harga Tiket Masuk

bandung

Purwakarta yang terkenal dengan Sate Marangginya sebenarnya memiliki banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi. Terletak tidak jauh dari kota Bandung, Purwakarta bisa menjadi alternatif bagi warga Bandung yang ingin berwisata di akhir pekan.

Jika Anda menggunakan mobil, hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam berkendara ke Purwakarta melalui jalan tol. Tour motor singkat ke Purwakarta tidak memakan waktu lama, hanya 2 jam perjalanan. Berikut ini adalah daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat bermain di Purwakarta.

1. Waduk Jatiluhur

Harga tiket masuk: Rp 5.000 (weekdays) dan Rp 20.000 (weekends)
Alamat : Jatimkar, Kec. Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta
Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Siapa yang tidak mengenal Waduk Jatiluhur? Salah satu ikon Purwakarta menjadi daya tarik tersendiri karena berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Berolahraga, bersantai dan fotografi adalah kegiatan yang paling umum dilakukan pengunjung Waduk Jatiluhur.

Untuk mengunjungi Waduk Jatiluhur, dari Stasiun Purwakarta naik Angkot 04 menuju Ciganea dan turun di pertigaan sebelum pertigaan Ciganea. Setelah itu, Anda perlu naik angkot 11 lagi menuju Waduk Jatiluhur.

2. Parang Gombong

Biaya masuk: Gratis
Alamat: Desa Kutamanah, Kec. Sukasari, Kabupaten Purwakarta
Jam operasional: 24 jam

Sebagai salah satu tempat wisata yang menawarkan bumi perkemahan, Parang Gombong menawarkan berbagai wisata alam seperti Waduk Parang Gombong, perbukitan, serta matahari terbit dan terbenam. Selain itu, Parang Gombong juga menawarkan wahana untuk anak-anak.

Untuk mengunjungi Parang Gombong, dari Gerbang Tol Ciganea, naik angkot menuju Plered melewati Pasar Plered. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot tujuan Cilalawi untuk turun di Pasar Warung Panjang. Setelah itu naik ojek menuju Gunung Parang.

3. Taman Cikao

Harga tiket: Rp20.000
Alamat: Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta
Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Tempat wisata yang juga memiliki aspek edukasi ini tentunya menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Di Taman Cikao, pengunjung dapat bermain di taman air, taman hewan, taman lampion, dan rumah ilusi. Untuk memasuki tempat-tempat tersebut, pihak pengelola Taman Cikao mengenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000-50.000.

4. Taman batu

Biaya masuk: Rp20.000
Alamat: Desa Lembang, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta
Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Mata air pegunungan yang mengalir ke pemandian air dingin menjadi daya tarik utama Taman Baru di Purwakarta. Tumpukan batu alam di sekitar kolam pemandian juga mempermanis tampilan pemandian.

Selain menawarkan pemandian air dingin, Taman Batu juga menawarkan dua jenis akomodasi. Tipe pertama adalah Saung satu kamar yang dibandrol dengan harga Rp 300.000 per malam. Tipe kedua adalah rumah dua kamar dengan biaya Rp 500.000 per malam.

5. Bukit Panenjoan

Harga tiket: Rp 5.000
Alamat: Desa Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta
Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Tidak bisa dipungkiri keindahan spot foto alam di Bukit Panenjoan sangat memikat para pemburu foto. Pemandangan kebun teh yang sangat luas, pemandangan gunung dan pepohonan yang hijau terlihat sangat indah dari Bukit Panenjoan. Beberapa sudut pandang dipasang oleh pengelola untuk memudahkan wisatawan mengambil foto.

Resmi dibuka pada tahun 2016, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan jembatan bambu melingkar yang panjangnya ratusan meter. Pengunjung bisa menjelajahi jembatan bambu ini sambil mengagumi keindahan alam di sekitar Bukit Panenjoan.

6. Pasir Langlang Pannyawangan

Harga tiket: Rp 5.000
Alamat: Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta
Jam operasional: 07.00-17.00 WIB

Kawasan hutan pinus yang bisa digunakan untuk kegiatan seperti berkemah, bersepeda atau hiking ini disebut Pasir Langlang Pannyawangan. Keindahan hutan pinus menjadi daya tarik utama Pasir Langlang Panyawangan, yang juga memiliki daya tarik Curug Pamoyanan Indah dan Gua Jepang.

7. Tebing Boyer

Harga tiket: Rp 5.000
Alamat: Desa Talun, Desa Tajusindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta
Jam operasional: 24 jam

Tebing Boyer, salah satu tempat wisata paling populer di Purwakarta, dicap sebagai tempat wisata anti mainstream. Pada tahun 1957, Tebing Boyer sebenarnya merupakan tempat di mana batu andesit yang menjadi bahan dasar pembangunan Waduk Jatiluhur digerus.

Untuk menikmati pemandangan Tebing Boyer, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup sulit sepanjang 2 km. Setibanya di sana, pengunjung disuguhi sisa-sisa bangunan yang sudah runtuh di depan pemandangan lembah.

8. Kuhberg

Harga tiket: Rp 10.000
Alamat: Desa Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani
Jam operasional: 24 jam

Tempat wisata yang direkomendasikan bagi pendaki pemula, Gunung Lembu di ketinggian 792 meter di atas permukaan laut (mdpl) menawarkan pemandangan Waduk Jatiluhur, Gunung Parang dan Gunung Bungkuk.

Pendakian Gunung Lembu memakan waktu sekitar dua hingga empat jam. Pengunjung juga bisa mendirikan kemah untuk menginap di Gunung Lembu. Pengunjung yang menginap akan dikenakan tarif lebih tinggi yaitu Rp 15.000.

9. Bukit Katumbiri

Harga tiket: Rp 10.000
Alamat : Bukit Katumbiri, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta,
Jam operasional: 07.00-18.00 WIB

Objek wisata yang tergolong baru ini menghadirkan berbagai spot foto yang menampilkan perbukitan dan terasering. Katumbiri sendiri adalah sebuah kata dalam bahasa Sunda yang berarti pelangi. Dengan kata lain Bukit Katumbiri juga bisa diartikan sebagai Bukit Pelangi.

10. Perbukitan lembah tersembunyi

Harga tiket masuk: Rp 35.000 (dewasa) dan Rp 25.000 (anak-anak usia 2-8 tahun)
Alamat: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta
Jam operasional: 08.00-19.00 WIB

Tempat wisata populer lainnya di Purwakarta adalah Hidden Valley Hills. Tujuh pilar atau tugu yang memiliki cerita tersendiri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mengunjungi wisata ini, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan pesona alam yang sangat indah, tetapi juga dengan berbagai cerita yang tertulis di monumen tersebut, seperti kisah Prabu Siliwangi.

Selain tujuh monumen tersebut, Hidden Valley Hills juga dilengkapi dengan kolam renang yang menjadi tempat menarik untuk menyaksikan matahari terbenam. Ada biaya tambahan untuk berenang yaitu Rp 60.000 untuk dewasa dan Rp 40.000 untuk anak usia 2-8 tahun.

Tonton video Penampakan Banjir Kilat Menghantam Tempat Wisata di Purwakarta
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button