120 tahun Bung Hatta yang disebut sebagai bapak koperasi Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

120 tahun Bung Hatta yang disebut sebagai bapak koperasi Indonesia

TEMPO.CO, jakarta – Tanggal 12 Agustus 2022 bertepatan dengan 120 tahun Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Pemberita yang juga mendapat julukan “Bapak Koperasi Indonesia”. Predikat yang melekat padanya bukanlah suatu kebetulan.

Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia

Dilaporkan oleh kemenkopumk.go.id, Mohammad Hatta mendapat julukan itu berkat peran, ceramah, tulisan dan pemikirannya yang tertuang dalam berbagai karya ilmiah tentang ekonomi dan koperasi. Salah satu karyanya adalah buku berjudul Membangun koperasi dan membangun koperasi yang diterbitkan pada tahun 1971.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun Bung Hatta berkontribusi dan membantu mempopulerkan sistem ekonomi koperasi di Indonesia, ia bukanlah pelopor pertama dalam mendirikan koperasi di Indonesia. Dikutip dari diskup.kapuashulukab.go.idKoperasi pertama di Indonesia didirikan pada tahun 1886 oleh Patih Purwokerto bernama R. Aria Wiraatmadja.

Koperasi pertama berbentuk koperasi simpan pinjam dengan istilah Hulf Sparbank. Dikutip dari Koperasi modul ekonomi Hulf Sparbank, yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, ingin mencegah kaum bangsawan jatuh ke dalam perangkap rentenir. Akibatnya, gerakan koperasi pada awalnya hanya tersebar luas di lingkungan etika-politik.

Kemudian koperasi mulai menjadi gerakan rakyat ketika didirikan pada tahun 1908 oleh Organisasi Budi Utomo melalui konsep koperasi rumah tangga. Gerakan ini juga diikuti oleh Syarikat Dagang Islam yang membuat koperasi model bagi para pedagang dan pengusaha tekstil pada tahun 1913. Setelah itu, koperasi mulai menjamur dan berintegrasi ke dalam sistem ekonomi dan sosial masyarakat.

Selanjutnya, puncak gerakan koperasi di Indonesia terjadi pada tanggal 12 Juli 1947, ketika diadakan Kongres Nasional Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Sementara itu, pada kongres nasional kedua yang diadakan pada tanggal 15-17 Juli 1953, Bung Hatta dilantik sebagai bapak koperasi.

ACHMAD HANIF IMADUDDIN

Baca: 120 Tahun Bung Hatta, Pemikiran Mohammad Hatta untuk Negara

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: nasional.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button