Tahun Baru Imlek 2023, jumlah wisatawan di kawasan hutan pinus Mangunan turun - WisataHits
Yogyakarta

Tahun Baru Imlek 2023, jumlah wisatawan di kawasan hutan pinus Mangunan turun

Tahun Baru Imlek 2023, jumlah wisatawan di kawasan hutan pinus Mangunan turun

BANTUL, iNews.id-Jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan Mangunan saat libur Imlek 2023 tidak seperti yang diharapkan. Pasalnya, jumlah tersebut sebenarnya lebih rendah dari jumlah pengunjung saat libur Imlek 2022.

Hal ini mengejutkan pihak pengelola objek wisata Mangunan, Bantul. Seiring dengan meredanya pandemi Covid-19 dan aturan protokol kesehatan yang jauh lebih longgar dibandingkan Imlek 2022 sebelumnya, ternyata jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan hutan Mangunan justru berkurang.

Ketua Koperasi Notowono Purwo Harsono mengakui, liburan Imlek kali ini sepi. Secara keseluruhan, jumlah pengunjung liburan Imlek tahun ini turun sebanyak 4.718 orang. Dari 27.948 pengunjung di tahun 2022, turun menjadi 22.230 orang di tahun 2023.

“Regulasi Covid-19 yang dianggap menghambat lalu lintas wisatawan tidak serta merta meningkatkan jumlah wisatawan,” ujarnya, Senin (23/01/2023).

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan, penurunan tersebut disebabkan beberapa faktor. Diantaranya hujan, maka tidak ada daya tarik baru di kawasan objek wisata Mangunan.

Namun, menurutnya, penyebab utama penurunan tersebut adalah akses jalan menuju kawasan Mangunan yang rusak parah. Jalan dari Patuk ke Gunungkidul masih dalam kondisi buruk.

Ia mengatakan sudah bertahun-tahun rusak tapi tidak ada perbaikan sehingga membuat wisatawan enggan melintas. Ia berharap jalan menuju kawasan Mangunan segera diperbaiki, khususnya Patuk.

“Kondisi ruas Mangunan-Imogiri tidak tepat jika digunakan untuk dilewati kendaraan besar seperti bus wisata,” ujarnya.

Penerbit : Ainun Najib

Ikuti iNewsYogya News di Google News

Bagikan artikel:

Tahun Baru Imlek 2023, jumlah wisatawan di kawasan hutan pinus Mangunan turun

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button