Penggalian Situs Mbah Blawu Berlanjut, Tim Temukan Umpak Kuno - WisataHits
Jawa Timur

Penggalian Situs Mbah Blawu Berlanjut, Tim Temukan Umpak Kuno

Jombang, zeitungsmemo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) Kabupaten Jombang bersama tim dari Balai Pelestarian Budaya (BPK) Wilayah XI Jawa Timur melanjutkan proses penggalian situs Mbah Blawu di Desa Sukosari, Kabupaten Jogoroto. Kabupaten Jombang.

Pada penggalian tahap kedua, Tim Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan BPK Wilayah XI Jawa Timur menemukan sebuah alas kuno berukuran 81 cm x 81 cm di bagian timur luar bangunan utama Candi Mbah Blawu.

Awalnya, tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan BPK Wilayah XI Jawa Timur menduga yang ditemukan di Candi Mbah Blawu adalah yoni. Namun saat dilakukan penggalian, ternyata bukan tumpuan batu berukuran besar.

Baca Juga: Kisah Mistis Dibalik Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Dilarang Membawa Jeruk?

Pahadi, tim dari BPK Wilayah XI Jawa Timur, menduga Umpak tidak hanya satu. Itu karena umpak biasanya bilangan genap.

“Diperkirakan dasar batu ini lebih dari satu dan biasanya genap 4,8. Tapi kami belum tahu karena tim masih melakukan penggalian di sebelah barat candi, mudah-mudahan ada temuan serupa,” katanya.

Pahadi berharap nantinya bisa digunakan untuk wisata sejarah atau religi setelah penggalian selesai dan bangunan aslinya dikunjungi.
“Mungkin bisa dijadikan tempat wisata religi atau wisata sejarah terkait candi ini, jadi tidak berhenti sampai di situ saja,” ujarnya.

Baca Juga : Keajaiban Wisata Pantai Suluban Uluwatu, Salah Satu Surga Tersembunyi di Bali

Secara terpisah, untuk penggalian situs Mbah Blawu tahap kedua, Senen, Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, mengatakan pihaknya ingin mengetahui struktur candi.
“Akan lebih jelas untuk melihat seperti apa struktur bangunan candi Mbah Blawu itu,” ujarnya.

Reporter: Taufiqur Rachman
Penerbit: Muji Hartono

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button