Pemkab Barito Timur Kaji Perbandingan Pertanian dan UMKM dengan Kotabaru - TEWENEWS - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Barito Timur Kaji Perbandingan Pertanian dan UMKM dengan Kotabaru – TEWENEWS

TEWENEWS, Tamiang Layang – Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Anda baru-baru ini melakukan studi banding tentang UMKM dan pertanian.

“Kami melihat berbagai sektor pembangunan yang potensial jika dikembangkan di Bartim, seperti UMKM dan pertanian,” kata Bupati kemarin.

Ia menjelaskan di Kotabaru yang dekat dengan laut namun memiliki pertanian yang maju. Di sana panen bisa dilakukan empat kali dalam setahun.

“Selain benih padi yang beraneka ragam, pengairan atau pengairan dari pegunungan cukup, akan menjadi motivasi kita bila dikembangkan di Bartim,” kata Bupati Bartim dua periode ini.

Menurut mantan anggota DPRD Kabupaten Tabalong ini, ada beberapa lahan pertanian di Bartim yang sudah panen tiga kali dalam setahun. Petani akan didorong dengan dukungan teknis dan keuangan dan, jika memungkinkan, akan dapat menerapkan sistem panen empat kali lipat dengan cara yang sama.

Selain itu, lanjutnya, masalah UMKM bisa menguntungkan pelaku ekonomi. Wisata laut di Kotabaru menawarkan peluang bisnis bagi masyarakat untuk berkembang pesat.

“Di Bartim kita punya wisata bukit Terbelo di kawasan Lalap, yang juga tidak kalah jika digarap karena saat ini ramai pengunjung. Keinginan saya untuk merevitalisasi bisnis masyarakat sekitar di sana,” ujar pria peraih gelar PhD dari Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya ini.

Bupati menambahkan, kajian komparatif dilakukan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan tentang teknis masing-masing pemerintahan. Kemudian berbagi pengalaman untuk mendukung visi dan misi perekonomian nasional. (Ahmad Fahrizali/cak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button