Menko PMK mengimbau relawan untuk memberikan bantuan melalui Komando Pusat - WisataHits
Jawa Barat

Menko PMK mengimbau relawan untuk memberikan bantuan melalui Komando Pusat

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:02 WIB

| penulis :

Buku catatan : beruntung s

Jakarta, InfoPublik – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mendapat laporan banyak organisasi masyarakat sipil dan relawan yang memberikan bantuan kemanusiaan.

Laporan tersebut diperoleh Bupati Cianjur Herman Suherman saat berkunjung ke Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, apa yang dilakukan para relawan tersebut sangat cerdik dalam membantu para korban agar tidak larut dalam duka.

Namun, Menko Muhadjir juga mengimbau kepada masyarakat sipil yang akan memberikan bantuan untuk kemajuan melalui posko pusat di Kantor Bupati Cianjur.

Karena banyak contoh bantuan relawan yang diantar dan dijemput oleh masyarakat hanya dari pinggir jalan raya. Bahkan jika banyak orang di pedesaan lebih membutuhkannya.

“Supaya distribusinya bisa lebih merata saat datang ke kantor pos pusat. Karena ketika bantuan datang dari warga sekitar, hanya diberikan kepada pengungsi di pinggir jalan. Padahal sebagian besar pengungsi berada di area entry,” kata Menko Muhadjir.

Menurutnya, bantuan relawan pinggir jalan sempat membuat heboh masyarakat karena banyak yang merasa tidak mendapat bantuan seperti yang lainnya.

Oleh karena itu, Menko Muhadjir mengatakan sebaiknya bantuan masyarakat sipil dan relawan disalurkan melalui posko pusat agar semangat masyarakat tetap terjaga.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga yang akan memberikan bantuan, niat baiknya sangat diapresiasi, kita hargai. Tapi mohon lebih baik serahkan ke pos pusat agar nanti bisa disalurkan dengan sebaik-baiknya, kalau support ditujukan ke pihak tertentu, bisa disuratkan ke pihak penanggung jawab agar bisa disampaikan. ”, kata Menko Muhadjir.

Dia juga mengimbau warga untuk tidak menjadikan lokasi gempa sebagai tempat wisata dadakan. Sebab, menurutnya, hal itu mengganggu mobilisasi bantuan.

Hal itu disampaikannya menanggapi banyaknya aksi sejumlah masyarakat yang merekam, mengambil foto, bahkan selfie di tempat-tempat terdampak gempa.

“Oleh karena itu, saya mohon kesadaran warga sekitar yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi, kami mengapresiasi ketertarikan mereka. Tapi sebaiknya jangan ikut keramaian di tempat itu karena akan mengganggu mobilisasi bantuan yang sedang disampaikan,” kata Menko Muhadjir.

Foto: Kemenko PMK

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button