Konservasi mangrove untuk memulihkan ekosistem di kawasan hutan mangrove pantai Baros - WisataHits
Yogyakarta

Konservasi mangrove untuk memulihkan ekosistem di kawasan hutan mangrove pantai Baros

KORANBERNAS.ID, BANTUL — Dalam rangkaian acara jalan ke ulang tahun pertama – ARTOTEL Suites Bianti – Yogyakarta, pada tanggal 1 Desember 2022 tim manajemen hotel beserta rekan-rekan dari KP2B (Keluarga Pemuda Pemuda Baros) melaksanakan kegiatan CSR berupa penanaman 150 bibit mangrove di kawasan hutan mangrove Baros Pantai, Desa Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis (20.10.2022).














Jenis mangrove yang dipilih adalah: Rhizopora mucronata karena merupakan salah satu spesies bakau yang paling penting dan tersebar luas serta mentolerir substrat dan pasir yang lebih keras dengan lebih baik. Penanaman mangrove dilakukan dengan sistem koloni yang dirancang untuk mengisi 2 sampai 3 benih dalam satu lubang dengan jarak tanam minimal 50cm. Rhizopora mucronata Diameternya bisa mencapai 27 m dengan diameter 70 cm.

Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat fisik, ekologi, dan ekonomi. Secara fisik, manfaat mangrove antara lain perlindungan dari sedimentasi, abrasi, perlindungan badai dan angin asin, dan pengurangan emisi karbon. Secara ekologis, hutan mangrove berperan sebagai habitat, tempat berlindung, dan sumber makanan bagi biota laut dan spesies yang ada di kawasan tersebut. Sementara itu, hutan mangrove berfungsi secara ekonomi sebagai tempat rekreasi wisata sekaligus mata pencaharian masyarakat nelayan yang menangkap ikan, udang, kepiting dan lain-lain.







“Sebagai sebuah perusahaan, kami sangat mementingkan hal ini keberlanjutan perusahaan dan menginginkan standar tertinggi untuk keberlanjutan kita bersama. Kami menyadari bahwa masalah lingkungan saat ini seperti polusi, pemanasan global dan perubahan iklim memiliki dampak negatif tidak hanya pada operasi kami tetapi juga pada lingkungan. Kami ingin terus memberikan kontribusi positif dengan program-program sosial kami sehingga kehadiran kami dapat membawa manfaat yang langgeng bagi masyarakat dan lingkungan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Imant Setiawan, CHA selaku General Manager ARTOTEL Suites Bianti – Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button