Koarmada II bekerja sama dengan warga sekitar untuk membersihkan Sungai Kalimas - WisataHits
Jawa Tengah

Koarmada II bekerja sama dengan warga sekitar untuk membersihkan Sungai Kalimas

JawaPos.com-Koarmada II bekerja sama dengan warga setempat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk membersihkan Kalimas. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 dan HUT TNI AL ke-77.

program berjudul Dari Jeritan Kemerdekaan hingga Gelora Jalesveva Jayamahe Itu terjadi pada Sabtu (13/8). Sebanyak 5.000 prajurit yang terdiri dari prajurit Koarmada II dan masyarakat Surabaya turun ke sungai.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Panglima Angkatan Bersenjata II Laksamana Muda TNI Hutabarat juga hadir dalam acara tersebut. TNI dan warga melakukan pembersihan di sepanjang bantaran Kalimas dari Jembatan Pintu Air Petekan hingga Monkasel di pusat kota Surabaya.

Alat berat dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Surabaya serta puluhan truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Surabaya juga dilibatkan dalam pembersihan tersebut. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, pembersihan yang dilakukan luar biasa.

“Ini adalah contoh untuk diikuti, kegiatan ini menyatakan bahwa persatuan telah terwujud,” kata Emil.

Menurut dia, warga harus bisa mengubah persepsi bahwa Sungai Kalimas yang dulunya dianggap berada di belakang, kini berada di depan.

“Gubernur Jatim bermimpi Kalimas menjadi urat nadi, tulang punggung dan jati diri masyarakat Surabaya,” jelas Emil.

Sementara itu, Laksamana Hutabarat dari Pangkoarmada II mengatakan, kiprah TNI AL diapresiasi masyarakat.

“Kami berharap kegiatan bersih-bersih ini menjadi program rutin yang dapat kita laksanakan secara berkesinambungan, sehingga dapat kita laksanakan setiap saat,” ujar Pangkoarmada II Hutabarat.

Tujuan pembersihan sungai, kata dia, untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai, dan merawat sungai sebagaimana mestinya. Selain itu, sungai akan diperindah dan pariwisata di Sungai Kalimas meningkat.

Penerbit: Latu Ratri Mubyarsah

Reporter: Rafika Rachma Maulidini

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button