Keraton Kerajinan Tempurung Cirebon menghasilkan penjualan berupa furniture yang cantik - WisataHits
Yogyakarta

Keraton Kerajinan Tempurung Cirebon menghasilkan penjualan berupa furniture yang cantik

MEMBENTUK Kerang yang cantik dan unik sering dijadikan sebagai aksesoris. Namun berbeda dengan tempat wisata unik di Cirebon yang bernama Keraton Kerajinan Kerang. Tempat wisata ini terletak di Desa Astapada, Cirebon, Jawa Barat.

Dirangkum dari berbagai sumber, para pekerja kreatif di Shell Craft Palace mampu membuat berbagai jenis furnitur yang menghiasi seluruh ruang interior dengan memanfaatkan limbah kerang. Limbah cangkang tersebut diubah menjadi barang antik dan indah seperti kendi, meja, kursi, lampu dan tempat tidur. Bahkan cangkang keong dapat ditemukan di sisi-sisi tempat wisata ini.

Baca juga:

Papelwrap menawarkan solusi “bubble wrap” yang berkelanjutan

Hal ini tentunya menjadi keunikan dari tempat wisata ini dan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bahkan yang pernah datang ke sana pun bisa terheran-heran, karena limbah kerang ternyata bisa muncul dengan cara yang berbeda-beda.

Sebelum membuat kerajinan dari kerang, pemilik Istana Kerajinan Kerang Nur Handiah Jaime Taguba hanya mengekspor kerang pada tahun 2004 menjualnya.

Ternyata limbah kerang bisa dijadikan berbagai jenis furniture. (Foto: freepik/fabriasimf)

Pengolahan kerang menjadi mebel justru mendatangkan keuntungan lebih dari sekadar bisnis ekspor. Selain itu, juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Cairan khusus harus digunakan dalam pembuatan furnitur ini, yang kemudian dioleskan ke setiap cangkang sebelum digunakan dan dirakit. Selanjutnya cangkang dipipihkan dan dibentuk sesuai keinginan. Konsistensi Nur membuat Shell Craft Palace menghasilkan sekitar 4.000 desain yang berbeda.

Baca juga:

KANA menghadirkan produk fashion dengan warna natural

Keunikan benda-benda yang dibuatnya membuat kreasi mebel berbahan kerang ini sangat populer di luar negeri. Nur sudah memiliki pelanggan dari Jepang, Spanyol, negara-negara Timur Tengah dan Amerika. Sedangkan untuk Indonesia, karya Nur selain Cirebon bisa Anda temukan di Bali, Yogyakarta dan Bandung.

Salah satu desain yang dibuat adalah hiasan berbentuk unta. (Foto: Instagram/@travelwiththejohans)

Jika Anda ingin mengunjungi Shell Craft Palace, Anda bisa datang dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan utama Pantura Cirebon, hanya sekitar 3 kilometer.

Selain melihat banyak kreasi kerang dan berfoto selfie, Anda juga bisa berbelanja di sana. Harga oleh-oleh di tempat ini juga sangat bersaing, mulai dari Rp 10.000 tergantung jenis produk yang Anda inginkan. (nbl)

Baca juga:

Ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan #rethinkplastic

Source: merahputih.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button