Keajaiban Keindahan Wisata Waduk Sempor di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Keajaiban Keindahan Wisata Waduk Sempor di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah

Wisata Waduk Sempor Kebumen – Kabupaten Kebumen tidak hanya kaya akan pantai-pantainya yang indah, tetapi juga menyimpan banyak tempat wisata alam lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Ada wisata ke sumber air panas dan beberapa gua kuno. Bendungan atau waduk Sempor yang indah tidak terkecuali di kawasan Pegunungan Serayu Selatan.

Intinya, Kebumen adalah destinasi sempurna bagi para petualang alam di Jawa Tengah. Jika Anda memang memiliki rencana liburan ke Kebumen, pastikan Waduk Sempor masuk dalam daftar kunjungan Anda. Tempat wisata ini terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca juga: Destinasi Wisata Air Terjun Bengkwah yang Instagramable di Pemalang

Daya Tarik Waduk Sempor di Kebumen

tangki semprot

Waduk Sempor merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Jatinegara (Sungai Sempor) dan Sungai Cicingguling yang bermuara di Samudera Hindia. Meski berada di ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut dengan suhu tinggi karena dekat dengan pantai, bendungan ini menawarkan suasana yang menenangkan dan sejuk.

Udara di kawasan ini cenderung sejuk karena Bendungan Sempor berada di kaki Pegunungan Serayu Selatan yang rimbun dengan berbagai pepohonan. Pemandangan alamnya juga sangat mengesankan dengan latar belakang sabuk perbukitan yang mengelilingi kawasan tersebut. Perasaan damai dan tenang mendominasi danau buatan ini.

Oleh karena itu, selain fungsi utamanya sebagai sarana teknis irigasi untuk ribuan hektar sawah, waduk ini juga memiliki potensi wisata yang besar. Berkat pemandangannya yang sangat indah, bendungan ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Kebumen. Cocok untuk semua orang, termasuk wisata keluarga.

Adapun sejarah waduk Sempor di Kebumen, pembangunan danau buatan ini dimulai pada tahun 1958 dan selesai pada tahun 1978. Jauh sebelum itu, potensi kawasan Sempor untuk pembangunan waduk sudah diakui saat pemerintah Belanda berkuasa di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1916.

Sejarah pembangunannya juga diselimuti tragedi. Pada tahun 1967, ketika masih berupa gundukan tanah, bendungan ini jebol dan menelan 127 korban jiwa pekerja proyek Sempor. Untuk memperingati kejadian tersebut, Monumen Sempor didirikan dan diresmikan pada tahun 1978 di kawasan waduk.

Bendungan Sempor saat ini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Kebumen dan memungkinkan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Santai saja, nikmati suasana atau jelajahi area waduk untuk menemukan sudut keindahan yang berbeda. Anda juga bisa naik perahu di sepanjang air.

Bendungan Sempor Kebumen juga menjadi tujuan populer para pemancing. Jika Anda suka memancing, Anda bisa melakukannya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada pagi atau sore hari. Daerah ini juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit. Jadi jangan lewatkan keindahan matahari terbit di sini.

Fasilitas wisata dan harga tiket

tangki semprot

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Kebumen, Bendungan Sempor dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Berbagai wahana wisata air seperti perahu hias, perahu bebek, sampan dan lain-lain saat ini tersedia untuk menunjang kegiatan wisata. Ada juga kesempatan untuk bersepeda dan jogging santai.

Fasilitas umum juga memadai, antara lain tempat parkir yang luas untuk kendaraan, mushola, tempat istirahat berupa pendopo, dan toilet umum. Serta sejumlah warung makan dan minum. Saat berlibur di tempat wisata ini, jangan lupa untuk mencoba masakan Tempe Mendoan yang terkenal akan kelezatan dan kelezatannya.

Jika Anda membutuhkan akomodasi ada banyak di dekatnya. Bahkan ada fasilitas untuk seminar, rapat kerja dan kegiatan lainnya. Namun untuk tiket masuk Waduk Sempor Kebumen, pengunjung hanya membayar tiket sebesar Rp 5.000. Biaya tambahan untuk parkir dan penyewaan seluncuran air.

Lokasi dan arah waduk Sempor

tangki semprot

Kawasan Bendungan Sempor secara administratif berada di Desa Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasinya mudah dijangkau, kurang lebih 29 kilometer atau 50 menit berkendara dari pusat kota Kebumen. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, ada angkutan umum. terlihat peta.

Waduk Sempor terletak di dekat Kota Gombong, sekitar 7 kilometer atau 15 menit berkendara ke utara. Gombong juga merupakan tujuan wisata terkenal di Kebumen. Jika ingin menjelajahi pantai lebih jauh, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara ke selatan. Pantai Surumani adalah salah satu rekomendasi pantai terbaik.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button