7 Pantai Indah Di Pacitan - WisataHits
Jawa Tengah

7 Pantai Indah Di Pacitan

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan seakan tiada habisnya, termasuk pantai-pantai di sepanjang garis pantai dari ujung timur (Kabupaten Sudimoro) hingga barat (Kabupaten Donorojo). Pantai di kawasan berjuluk “Paradise of Java” yang dikembangkan sebagai tujuan wisata ini juga semakin berkembang. Masing-masing dari mereka memiliki keunikannya sendiri. Apa pun?.

1. Pantai Teleng Ria

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Teleng Ria, Pacitan (instagram.com/diskonpacitan)

Terletak di desa Sidoharjo di Kabupaten Pacitan, destinasi wisata ini relatif paling mudah dijangkau oleh para pelancong yang datang dari barat (Jawa Tengah) atau utara (Ponorogo, Jawa Timur). Pasalnya, lokasi tersebut tidak lebih dari 1 kilometer dari jalur utama Pacitan – Wonogiri, tepatnya di Desa Sidoharjo, Kabupaten Pacitan.

Selain mudah dijangkau, pantai Teleng Ria juga menawarkan panorama yang indah. Ombak pun langsung terlihat di jalan-jalan tempat wisata yang dikelola swasta tersebut. Untuk menikmatinya, Anda bisa menggunakan mobil atau ATV yang disewa di sana.

Bagi wisatawan yang ingin berbelanja makanan khas, bisa mendatangi warung-warung penjaja yang ada di kawasan wisata. Ada juga akomodasi bergaya bungalow yang berjarak sekitar 200 meter dari pantai.

Baca Juga: 5 Fakta Pantai Benges Pacitan Dengan Tebing Karang Yang Menggemaskan

2. Pantai Srau

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Srau Pacitan (instargram.com/kargenic)

Ombak pantai di Desa Candi Kecamatan Pringkuku relatif lebih landai dibandingkan dengan tempat lain. Sehingga lebih aman bagi wisatawan yang ingin berjalan tanpa alas kaki di tepi sungai.

Tepi pantai di antara bebatuan menjadi salah satu titik yang banyak dikunjungi para pelancong. Karena relatif aman bermain air dan pasir putih sambil menikmati semilir angin.

Bagi wisatawan yang ingin berkemah, lokasi ini juga bisa dijadikan tujuan alternatif. Ini karena memiliki area yang luas dan rata di antara pohon kelapa. Tidak hanya itu, di kawasan Pantai Srau terdapat pantai lain yaitu Pantai Wayang.

3. Pantai Watukarung

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Watukarung Pacitan (instagram.com/desalimasanresort)

Panorama di pantai ini cukup eksotis. Beberapa batu karang tampak berdiri di tengah pantai, yang menyerupai gugusan pulau. Keindahan lainnya adalah pasir putih. Selain itu, potensi gelombang tinggi sudah diketahui istirahat karangmenjadikan pantai di Desa Watukarung di Kecamatan Pringkuku menjadi tempat wisata yang populer peselancar kelas dunia.

Juara Rip Curl Search Bruce Irons berkesempatan mencoba ombak di Pantai Watukarung pada tahun 2008. Para peselancar dari Prancis, Amerika Serikat, dan Spanyol juga pernah berlatih di sana. tinggal, para peselancar Alien ini menggunakan sejumlah Tinggal di rumah yang berdiri di tepi pantai.

Baca Juga: Menikmati Sunset di Pantai Konang Trenggalek

4. Pantai Klayar

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Klayar (instagram.com/wisatapantaiklayar)

Pantai Desa Kalak di Kecamatan Donorojo merupakan salah satu wisata yang wajib dilakukan di Pacitan. Karena pasir putih hadir dengan sendirinya di tepinya. Selain itu, keberadaan batu unik yang membuat suara ‘terengah-engah‘.

Fenomena ini dikenal dengan nama Seruling Laut dan menjadi ikon di Pantai Klayar. Karena keindahan alam dan fenomena alam, Maestro Campursari Didi Kempot menciptakan dan mempopulerkan lagu berjudul Pantai Klayar.

5. Banyu-Tibo

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Banyu Tibo Pacitan (instagram.com/dolanpacitan)

Seperti namanya, yang berarti air terjun, destinasi wisata ini menampilkan eksotisme air yang jatuh dari sungai dan langsung jatuh ke pantai. Dengan demikian, pengunjung pantai di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, dapat bermain air tawar dan air laut di kawasan tersebut secara bersamaan.

Fenomena alam ini jarang terjadi di seluruh dunia. Oleh karena itu, warga dan pemerintah setempat membukanya sebagai objek wisata.

6. Pantai Soge

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Soge Pacitan (instagram.com/endry_ernawan)

Juga tempat wisata ini relatif mudah dijangkau. Karena berada di pinggir Jalur Lintas Selatan (JLS) yang termasuk wilayah Desa Sidomulyo di Kecamatan Ngadirojo. Saat menyeberang di titik ini, pengguna jalan disuguhi panorama yang indah.

Yang lelah dari perjalanan jauh juga bisa berhenti di sana untuk menikmati keindahan salah satu pantai di Pacitan.

7. Pantai Pangasan

Ini 7 Pantai Indah di Pacitan Surganya JawaPantai Pangasan Pacitan (instagram.com/dolanpacitan)

Pantai ini terletak di Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung. Keindahan yang tersaji disana seperti batu karang yang menyerupai bukit-bukit di pinggir pantai. Batu yang menjulang tinggi itu dikenal dengan nama Gunung Lanang dan Gunung Ganjaran.

Keindahan lain dari pantai ini adalah kurangnya pasir di pantai. Pantainya hanya terdiri dari bebatuan. Untuk sampai ke tempat ini Anda harus melalui persawahan terlebih dahulu.

Selain tujuh pantai tersebut, ada beberapa tempat wisata di Pantai Pacitan yang menghadap Samudera Hindia. Butuh waktu beberapa hari untuk bisa menikmati keindahan panorama pantai di kabupaten tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Sarapan Khas Pacitan, Ada Nasi Tiwul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button