Kadisbudpar menargetkan 60 desa wisata di Kabupaten Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Kadisbudpar menargetkan 60 desa wisata di Kabupaten Bogor

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Deni Humaedi saat berada di Maluku. ADALAH

CIBINONG – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor (Disbudpar), Deni Humaedi, merencanakan 60 desa wisata di Kabupaten Bogor pada 2024.

Menurutnya, desa wisata saat ini menjadi tren wisata alternatif karena mengusung konsep interaksi antara alam, budaya dan masyarakat lokal.

Atas dasar tersebut, perlu dikembangkan lebih lanjut pembentukan desa wisata baru di Kabupaten Bogor, mengingat keberadaan desa wisata sangat dirasakan oleh masyarakat desa terutama dari segi perekonomian.

“Tahun ini kami targetkan akan menambah desa wisata baru sampai semua mencapai 60 dewi,” kata Deni Humaedi.

Sementara itu, Ketua Forum Desa Wisata Kabupaten Bogor Deni Amarruloh menyatakan desa wisata di Kabupaten Bogor kini semakin mandiri dan tangguh.

Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya untuk memajukan sektor pariwisata, termasuk dengan menambah jumlah desa wisata melalui program Bogor Maju Karsa. Tahun 2019 ada 25 desa liburan, tahun 2020 akan ada 35 desa liburan, tahun 2021 akan ada 40 desa liburan dan tahun 2022 akan ada 41 desa liburan.

“Pembangunan desa wisata terus berlanjut, di Kabupaten Bogor terbagi menjadi 6 wilayah, mulai dari selatan yaitu Desa Tugu Selatan hingga Ciawi. Kemudian Ciawi sampai di perbatasan Sukabumi. Di sebelah barat dari Tamansari sampai Pamijahan. Kemudian dari Ciampea, Nanggung, hingga Sukajaya,” jelas Denni Amarullah.

Ditambahkannya, di wilayah utara ada desa wisata Iwul dan Jampang, padahal untuk wilayah utara masih terbatas. Untuk wilayah timur terdapat Desa Wisata Pasir Mukti, Tarikolot, Linggar Mukti dan Bojong Kulur. Beberapa desa liburan saat ini sedang dalam pembangunan, yang sempat tertunda akibat pandemi Covid 19.

“Tahun depan, mudah-mudahan target Disbudpar bisa dilanjutkan kembali hingga puluhan desa wisata dibangun kembali,” ujarnya. = YA

Source: pakuanraya.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button