Jawa Timur Kontribusi Desa Wisata Terbanyak pada ADWI Top 50 2022 - WisataHits
wisatahits

Jawa Timur Kontribusi Desa Wisata Terbanyak pada ADWI Top 50 2022

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kerjasama seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Jawa Timur (Jawa Timur) yang gencar mempromosikan desa wisata di wilayah tersebut.

Tercatat, dalam Penghargaan Top 50 Desa Wisata Terbaik Desa Wisata Indonesia, Provinsi Jawa Timur menghadirkan empat wakil.

Jawa Timur Kontribusi Desa Wisata Terbanyak pada ADWI Top 50 2022Jawa Timur Kontribusi Desa Wisata Terbanyak di ADWI Top 50 2022, Foto: Kemenparekraf

Mulai dari desa wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, desa wisata Semen di Kabupaten Blitar, desa wisata Keris di Kabupaten Sumenep dan terakhir desa wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Menparekraf Sandiaga saat melakukan kunjungan ke ADWI Top 50 Best Tourist Villages 2022 di Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso pada Minggu 08/07/2022, menjelaskan bahwa keberadaan desa wisata harus bermanfaat bagi kesejahteraan warga.

Hal ini sejalan dengan target pemerintah menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun ini dan 4,4 juta pada 2024.

“Saya mengapresiasi Provinsi Jawa Timur yang mengirimkan desa wisata terbanyak dan yang satu ini (Desa Wisata Tirta Agung) merupakan desa wisata keempat.

Untuk Jawa Timur berkontribusi 10% dari 50 besar ADWI 2022. Kami berharap ini bisa menggerakkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga memastikan Kemenparekraf akan terus memberikan pendampingan dan pendampingan agar desa wisata terus berkembang.

Termasuk melibatkan pihak swasta untuk memberikan bantuan pelatihan kesadaran pariwisata, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta peningkatan sarana dan prasarana serta pemasaran.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus memantau mulai tahun 2021 terkait program ADWI. Sehingga nantinya setelah diresmikan, kampung-kampung ini harus abadi dan tidak berhenti di tengah jalan.

“Kami berharap setelah peresmian desa wisata dapat meningkatkan jumlah kunjungan hingga 30%.

Waktu saya di Bondowoso saya sangat terkesan, itu Kala Senja, tempatnya asik banget dan spot foto keren banget.”

dia berkata.

Desa Wisata Tirta Agung merupakan obyek wisata rekreasi masyarakat yang dikelola oleh BUMDES, yaitu unit usaha yang menawarkan produk wisata buatan yang saat ini beroperasi di desa di bawah kaki Gunung Raung.

Desa Wisata Tirta Agung merupakan destinasi yang sudah mulai menggunakan waduk, persawahan dan mata air sebagai tempat wisata.

Beberapa atraksi wisata tersebut adalah gazebo apung, kolam alami, kafe senja, kelelawar buah, dan berbagai layanan wisata berupa penyewaan dan reservasi venue, ruang acara, bumi perkemahan, produk kreatif dan kuliner. Ada juga keluarga angkat bagi pengunjung.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button