Jatirejo bersedia mengembangkan wisata edukasi yang mengusung konsep Green Fresh Farm - WisataHits
Jawa Tengah

Jatirejo bersedia mengembangkan wisata edukasi yang mengusung konsep Green Fresh Farm

SEMARANG, suaramerdeka.com – Desa Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang serius mengembangkan desa wisata. Salah satu konsep yang sedang digarap saat ini adalah Green Fresh Farm (GFF) yang mengedepankan wisata edukasi berbasis peternakan, khususnya sapi perah.

Lurah Jatirejo, Musfiyati mengatakan, selama ini daerahnya dikenal dengan keunikan budaya lokalnya serta potensi desanya untuk dijadikan komoditas wisata. Ia menyadari untuk menjadi desa wisata unggulan masih diperlukan banyak pembenahan, terutama infrastruktur dan peralatan pendukung.

“Agar bisa optimal, diperlukan infrastruktur pendukung seperti permainan anak sederhana, spot selfie, dan pemandu wisata. Kedepannya akan kami pertimbangkan konsep paket wisata yang menarik dan bisa menjangkau seluruh masyarakat,” ujarnya usai pembukaan wisata edukasi, Sabtu 10 Desember 2022.

Baca Juga: Inovasi Mahasiswa Unik Nasi Jagung Daun Jeruk, Rasaya? Cobalah sendiri

Inisiasi ini juga merupakan salah satu bentuk penyampaian atau hasil penelitian oleh tim peneliti Kedaireka Unika Soegijapranata. Penelitian ini merupakan bagian dari program Dana Pendampingan Kedaireka 2022 yang didanai oleh Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian tersebut perwakilan dari beberapa dinas terkait, kecamatan, kelurahan dan Wakil Ketua Yayasan Sanjoyo, Dr. Koesbintoro Singgih MM, hadir.

Sementara itu, ketua tim peneliti, Dr. Elizabeth Lucky Maretha Sitinjak MSi bahwa pihaknya akan mengajak masyarakat untuk berkolaborasi, termasuk mengharapkan peran dan dukungan pemerintah dalam pengembangan perjalanan pendidikan ini.

Baca Juga: Peneliti Unika Kembangkan Startup Perhutanan Sosial

“Produk olahan susu sapi yang dibuat dalam rangkaian wisata edukasi GFF antara lain silky pudding, susu pasteurisasi, yogurt, es krim dan nasi gulung. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan lebih tertarik dengan wisata edukasi ini,” ujarnya.

Ia berharap hasil penelitian dan pelibatan dalam bentuk wisata edukasi ini dapat memberikan dampak positif, khususnya dalam hal peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat. Pihaknya pun telah merancangnya untuk menjadikan Jatirejo sebagai wisata edukasi yang unik dan menarik.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button