Hari Pembersihan Dunia, Sampoerna membersihkan lingkungan dan menanam semua mangrove - WisataHits
Jawa Timur

Hari Pembersihan Dunia, Sampoerna membersihkan lingkungan dan menanam semua mangrove

JAKARTA, KOMPAS.com – 17 September diperingati sebagai Hari Pembersihan Dunia. Hari tersebut dimeriahkan oleh PT HM Sampoerna Tbk dengan kegiatan pembersihan lingkungan dan penanaman mangrove.

Sampoerna melakukan kegiatan bersih lingkungan bekerja sama dengan NGO Sea Soldier dan sekaligus melakukan pra-penanaman bibit mangrove di dua lokasi yaitu Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta dan Pusat Wisata Konservasi Mangrove, Wonorejo, Surabaya, Sabtu (17/9). /2022).

Ratusan karyawan Sampoerna di dua kota tersebut terlibat langsung dalam pembersihan kawasan dan penanaman mangrove.

Baca juga: Tanam Pohon di Shelter Mitra BTN, Lawan Kejahatan Lingkungan

Ilustrasi tanaman bakaucanva.com Ilustrasi tanaman bakau

Kegiatan ini berupa penanaman hingga 900 bibit mangrove di kedua lokasi. Selain itu, para peserta berhasil mengumpulkan 431 kg sampah non-organik dari taman wisata kedua kota tersebut.

Presiden Sampoerna Vassilis Gkatzelis mengatakan bahwa restorasi lingkungan dan penanaman bibit mangrove sejalan dengan kampanye #SayaAjabisa yang dicanangkan oleh Sampoerna sejak tahun 2019.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan dan bukannya membuang sampah sembarangan, termasuk puntung rokok.

“Untuk melindungi lingkungan, Sampoerna berkomitmen untuk mengurangi dan mendaur ulang limbah dari operasi kami, termasuk limbah pascakonsumen. Komitmen ini akan diwujudkan melalui berbagai kegiatan, seperti kampanye penyadaran tentang kebiasaan membuang sampah pada tempatnya,” kata Gkatzelis dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Hari Bumi, Modena Ajak Masyarakat Rawat Limbah Tekstil

Ia juga mengatakan bahwa kampanye ini merupakan bagian dari program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Gkatzelis juga menekankan pentingnya mangrove dalam upaya menjaga lingkungan dan meredam pemanasan global di tingkat nasional dan global. Karena tanaman ini bisa menyerap karbon.

“Selain itu, mangrove juga dapat menahan arus laut yang dapat mengikis daratan pantai. Hutan mangrove juga merupakan habitat penting bagi banyak spesies laut,” katanya.

Gkatzelis berharap kegiatan yang dilakukan Sampoerna dapat berkontribusi dalam upaya perlindungan lingkungan dan menginspirasi pihak lain untuk terlibat dalam upaya perlindungan lingkungan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button