Harga Tiket, Jam Buka dan Tempat Wisata Dusun Semilir Semarang : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Harga Tiket, Jam Buka dan Tempat Wisata Dusun Semilir Semarang : Okezone Travel

KEPADANYA Buat kalian yang liburan ke Semarang, Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung Dusun Semilir Taman Ekologi Bawen. Meski tergolong baru, taman wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Dusun Semilir di Ngemple, Bawen, Kabupaten Semarang terletak di daerah dataran tinggi yang sejuk.

Dusun Semilir memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena menggabungkan beberapa wisata dalam satu kawasan. Jadi, pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan rekreasi di sini.

Perjalanan ke Dusun Semilir dijamin akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Alasannya adalah karena area ini juga diberkahi dengan berbagai dekorasi dan arsitektur yang tidak biasa.

BACA JUGA:Liburan di Semarang, Seluncuran Mumuk dan Eno Cobain Warna-warni di Dusun Semilir

Tiket Masuk Dusun Semilir (Periode 1-30 September 2022)

Seperti tempat wisata pada umumnya, Dusun Semilir Semarang mengenakan harga tiket masuk. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Selain harga tiketnya yang cukup terjangkau, ada juga promo harga tiket terusan untuk perjalanan yang berbeda setiap bulannya.

Nah, agar nantinya bisa berbisnis di kawasan wisata, pengunjung diberikan kartu tap khusus. Namun, kartu ini dapat dikembalikan secara tunai jika tidak digunakan.

1. Tiket Masuk Umum (Senin sampai Jumat): Rp 30.000

2. Paket Masuk (Senin-Jumat): Rp 40.000

ilustrasi

Wisata Dusun Semilir

Jam operasional Dusun Semilir

Dusun Semilir buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Meski buka hingga sore hari, ada jam tutup loket yang harus diperhitungkan.

1. Senin-Jumat: 09.00 – 18.00 WIB

2. Sabtu-Minggu: 08.00 – 20.00 WIB

Peraturan di wilayah Dusun Semilir:

1. Wajib menggunakan masker atau pelindung wajah.

2. Harus memiliki bukti vaksin minimal dosis 1.

3. Pengunjung yang membawa bayi dan tidak bisa berjalan tetap gratis.

4. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

BACA JUGA:Asyiknya vaksinasi Covid-19 sambil menikmati keindahan alam di Dusun Semilir

Wahana Dusun Semilir

Dusun Semilir dikenal sebagai kawasan wisata keluarga di kawasan Bawen. Taman hiburan ini terutama menggabungkan suasana alam lanskap dengan pariwisata modern.

Tak ketinggalan arsitektur bangunan dan desain interiornya menjadi ciri khas resor wisata baru ini. Hal ini tercermin dari banyaknya unsur tradisional yang dipadukan dengan suasana modern.

Sementara itu, aktivitas wisata di Dusun Semilir tidak sebatas rekreasi semata. Bagian ini juga menawarkan wisata edukasi untuk rekreasi akhir pekan. Selalu ada pilihan untuk semua wisatawan.

Baca juga: Ajukan Pinjaman Gadai BPKB di Inafina.com Caranya Mudah

Di bawah ini adalah berbagai wisata yang mungkin tersedia di Dusun Semilir:

1. Wahana permainan

Berkunjung ke Dusun Semilir, Anda bisa mencoba berbagai permainan dan hiburan menarik. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa memainkan berbagai wahana seru di sana!

Misalnya, perosotan dengan start setinggi 30 meter. Panjangnya minimal 150 meter. Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur yang dijamin seru.

Selain itu, ada juga wahana Banyu Biru yang memiliki kolam terbuka untuk berenang dan tubing. Di sini wisatawan bisa menikmati bermain air sambil ditemani segarnya udara pegunungan.

Kemudian ada juga aktivitas yang berhubungan dengan wisata kereta api, tram dan gondola yang tak kalah menarik. Jika ingin beraktivitas fisik, pengunjung juga bisa berkeliling dengan sepeda.

Kendaraan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Omah Suwung. Omah Suwung merupakan rumah hantu yang menawarkan pengalaman seru dan menyenangkan selama bermain game.

Ada wahana tiup dan Omah Dolanan untuk anak-anak. Ini merupakan wahana yang menghadirkan berbagai permainan yang melatih gerak motorik anak.

2. Flora dan fauna

Desa Semilir juga menawarkan wisata bertema flora dan fauna. Di taman ini terdapat Taman Truwelu dengan koleksi kelinci lucu. Di taman kelinci, pengunjung bisa memberikan kelinci wortel dengan joran.

Selain itu, ada juga Taman Alas Tirta dengan koleksi satwa lainnya. Beberapa hewan yang ditemukan di sini adalah berang-berang, koi hingga hiu.

Lalu ada Zona Alas Angon dengan koleksi hewannya yang tidak biasa. Lalu ada Kandangan, sangkar burung raksasa dengan bentuk yang unik.

3. Temukan foto Instagramable

Dusun Semilir kerap menjadi viral karena iklannya yang didesain apik. Ya, dari arsitektur hingga dekorasi, memiliki desain khusus yang tidak main-main. Setiap wahana dan setiap tempat wisata menawarkan suasana yang berbeda.

Misalnya di European Square, salah satu lokasi ikonik Dusun Semilir. Kawasan ini memadukan gaya arsitektur Venesia, Maroko, Yunani dengan pedesaan Prancis.

Juga, ada sungai kecil di tengah tempat gondola berada. Warna-warna di bagian ini terlihat ‘instagrammable’ dan menarik banyak perhatian, terutama para pecinta selfie.

Sedangkan untuk spot fotonya sendiri, tersebar di seluruh area. Misalnya kawasan Alas Tirta dengan berbagai instalasi di tengah taman.

Ada juga kawasan Jalan Kenangan yang dihiasi warna-warni meriah. Selain itu, masih banyak lagi spot foto yang bisa ditemukan di objek wisata ini.

4. Berbelanja

Berkunjung ke Dusun Semilir tidak lengkap rasanya tanpa berbelanja oleh-oleh. Ada puluhan suvenir Tennant yang tersebar di seluruh area. Sementara itu, pusat oleh-oleh terlengkap ada di bidang warisan budaya Indonesia dan jajanan khas Indonesia. Letaknya di sayap barat dan timur stupa.

Pengunjung dapat membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Jawa Tengah dan luar daerah. Jenisnya beragam mulai dari makanan hingga kerajinan tangan hingga pakaian. Selain di sini, toko suvenir juga bisa ditemukan di daerah lain. Salah satunya di sepanjang Jalan Kenangan dan Jembatan Senggol.

ilustrasi

5. Wisata Kuliner

Setelah bersenang-senang di Dusun Semilir dan lelah beristirahat, Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Di Dusun Semilir juga terdapat berbagai rumah makan dengan berbagai menu utama.

Masih di sekitar taman terdapat Rumah Makan Gunungan dengan menu yang beragam. Sedangkan di area European Square, terdapat European Ristorante yang menyajikan menu albino kontinental.

Bagi yang tidak ingin makan berat, jajanan Tennant bisa jadi pilihan. Semuanya berada di kawasan Foodcourt Sepoi Sepoi dan Jembatan Senggol. The Owl Cafe menyajikan suasana makan dengan pemandangan alam yang indah.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button