Gunung Wijil Klaten, tempat ziarah para pemburu pangkat dan kekayaan - WisataHits
Jawa Tengah

Gunung Wijil Klaten, tempat ziarah para pemburu pangkat dan kekayaan

clats

Gunung Wijil di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah dikenal sebagai tempat yang damai untuk berlatih Tirakat. Banyak orang datang ke tempat tersebut dengan keinginan yang berbeda-beda, dari ingin menjadi kaya hingga mencari pekerjaan.

Gunung Wijil sebenarnya lebih merupakan bukit daripada gunung. Namun, penduduk setempat lebih suka menyebut bukit kapur putih sekitar 30 kilometer sebelah timur kota Klaten sebagai gunung.

Gundukan itu, setinggi sekitar 200 meter, diisi dengan tanaman keras, jati, mahoni dan beberapa pohon beringin. Tak jauh dari jalan antara kecamatan Pedan dan Karangdowo, Gunung Wijil sedang digarap sebagai objek wisata desa.

Sebuah taman diletakkan di sisi utara bukit. Paviliun bambu yang ditutupi dengan daun tebu kering berdiri di lereng bagi wisatawan untuk beristirahat.

Hanya ada satu cara untuk mencapai puncak Gunung Wijil, yaitu melalui sisi barat taman. Di ujung jalan ada gapura bertuliskan Hastana Hargomulyo.

Pintu masuknya masih jalan memutar. Aroma dupa langsung tercium begitu Anda menginjakkan kaki di puncak.

Di atasnya terdapat tiga kompleks makam, salah satunya dikelilingi pagar tembok setinggi tiga meter dengan pintu terkunci. Di dalam kompleks pemakaman utama dipagari dengan tembok tinggi, ada beberapa makam dengan batu nisan kuno.

Di sisi selatan makam adalah lempengan batu kapur memanjang yang menonjol ke tebing. Batu yang oleh penduduk setempat disebut Watu Boyo itu terlihat kering.

Peziarah dikatakan sering datang ke tiga makam, menjual untuk mencari posisi dan pangkat. Sedangkan di Watu Boyo digunakan untuk mencari kekayaan.

“Di atas adalah makam Syeh Joko, di tengah adalah makam Ki Ageng Lokajaya, dan di selatan adalah makam Nyi Ageng Yudorono. Ketiganya berasal dari kerabat Keraton Surakarta dan Kartasura,” kata Kepala Dinas Kesejahteraan dan Pelayanan Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Iran. Detik Jawa Tengah di kantornya, Sabtu (27/8/2022).

Selengkapnya di halaman berikutnya…

Saksikan video “Papan reklame besar undang Mbak Maya ke pesta pernikahan di Klaten”.
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button