Dispar adakan kursus pelatihan keselamatan dan keselamatan target • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Dispar adakan kursus pelatihan keselamatan dan keselamatan target • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul melakukan kegiatan pelatihan bagi anggota SAR Satlinmas pada tahun 2022 dengan anggaran DAK non fisik bidang pariwisata. Kegiatan ini dilakukan oleh Hotel Dafam Fortuna Malioboro selama tiga hari.

Pelatihan ini dibimbing oleh Departemen Pengembangan Destinasi, khususnya Sub Koordinator Substansi Objek Daya Tarik Wisata. Kegiatan yang berfokus pada destinasi wisata air ini akan dilaksanakan pada 19-21 Juli 2022.

Kepala Dispar Kabupaten Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan, tahun ini kembali dipercaya melaksanakan kegiatan yang dibiayai DAK non fisik bidang pariwisata oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

“Pada 2022 akan dilaksanakan 7 kegiatan pelatihan, salah satunya safety training di destinasi wisata,” kata Muhammad Arif Aldian saat dihubungi kemarin (19/7).

Dijelaskannya, peserta pelatihan merupakan anggota Satlinmas SAR Wilayah 1 dan Wilayah 2 DIJ. Sebagai garda depan destinasi wisata dan pengelola wisata air risiko menengah-tinggi di Kabupaten Gunungkidul.

“Dengan total 40 peserta,” katanya.

Pelatihan berlangsung selama 3 hari dengan menggunakan metode 2 hari kelas atau teori dan 1 hari ekstra kelas atau praktek lapangan. Kegiatan lapangan akan dilakukan di destinasi wisata berbasis air. Tentunya mereka yang memiliki resiko yang sama atau hampir sama dengan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Destinasi wisata air khususnya pantai selatan masih menjadi primadona bagi pengunjung, sehingga perlu meningkatkan keterampilan dan pemahaman pengelola dan tim SAR dalam mengelola destinasi dan menjaga keselamatan pengunjung, ujarnya.

Seperti yang tertera di Sapta Pesona Wisata yang nomor satu adalah AMAN. Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta dapat menerapkan sesuai dengan lokasi masing-masing. Dapat juga memberikan pelayanan prima kepada setiap pengunjung. (pistol/ganda)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button