Desa Mertelu di Gunungkidul Kini Punya Rumah Digital - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Desa Mertelu di Gunungkidul Kini Punya Rumah Digital – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Peresmian Rumah Digital di Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, Jumat (28/10/2022) untuk membantu anak-anak belajar dan memasarkan produk UMKM. (Spesial)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — PT Pegadaian meresmikan Rumah Digital Pegadaian di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, DIY pada Jumat (28/10/2022) sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Rumah Digital Pegadaian untuk membantu anak-anak di daerah terpencil.

Presiden dan Direktur PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan peresmian Rumah Digital Pegadaian bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda. Ia berharap infrastruktur yang disediakan dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Damar menjelaskan, keberadaan Rumah Digital Pegadaian akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pemanfaatan teknologi informasi. Bukan hanya orang tua.

“Anak-anak bisa belajar di sini dan memperluas pengetahuan mereka. Tapi saya minta pengelola konten dewasa diblokir agar anak-anak tidak bisa mengaksesnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diperoleh. Solopos.comSabtu (29/10/2022).

Baca juga: Gandeng Jepang, Aerotropolis Akan Didesain Ulang di YIA Kulonprogo

Kedepannya, Damar juga meminta pegawai Pegadaian setempat untuk rutin mengunjungi Pegadaian Digital untuk memastikan infrastruktur yang disediakan benar-benar bermanfaat.

Hal senada disampaikan Kepala Departemen CSR PT Pegadaian, Rully Yusuf. Menurut dia, penyediaan gadai digital di Mertelu ini semata-mata berasal dari program CSR. Ia memastikan tidak ada kegiatan pelayanan unit usaha Pegadaian di lokasi tersebut. Rumah Digital Pegadaian dirancang untuk membantu masyarakat mengakses internet.

Rumah Digital Pegadaian tidak hanya dibangun di Mertelu, tetapi juga di Toba dan Sukabumi. Ke depan, pembangunan rumah digital akan dilakukan di Ambon dan Kupang. Fasilitas di Rumah Digital Pegadaian adalah empat komputer dan internet.

Terdapat pula proyektor yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas pengguna Rumah Digital Pegadaian. Rumah Digital Pegadaian tidak hanya ditujukan untuk anak-anak untuk menunjang proses belajar, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Leptospirosis di Gunungkidul Tinggi Tahun Ini, Dinas Kesehatan: Waspada Saat Musim Hujan

“Ada juga perpustakaan digital yang bekerja sama dengan Balai Pustaka. Apa saja bisa digunakan,” kata Rully Yusuf. Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah XI PT Pegadaian Semarang, Endang Pertiwi, mengatakan Rumah Digital Pegadaian bisa digunakan untuk memasarkan produk.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button