Kegiatan Bersih-bersih Dusun Kaliurang Barat diklaim memacu kebangkitan ekonomi - WisataHits
Yogyakarta

Kegiatan Bersih-bersih Dusun Kaliurang Barat diklaim memacu kebangkitan ekonomi

gambar_pdfgambar_cetak

Realitarakyat.com – Bupati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo menilai, pembersihan Dusun Kaliurang Barat bisa memberikan energi baru bagi masyarakat di daerah itu untuk merevitalisasi perekonomian masyarakat.

“Melalui semangat kebersamaan ini, semoga dapat merevitalisasi upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan wisata Kaliurang,” kata Kustini saat menghadiri Dusun Bersih Kaliurang Barat di Pakem, Sleman, Sabtu (30/7). ).

Menurut dia, kegiatan bersih-bersih Dusun Kaliurang Barat seharusnya tidak hanya meningkatkan semangat kekeluargaan, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi budaya atau pelestarian budaya.

“Selain itu, kehadiran pentas seni merupakan langkah baik untuk melestarikan warisan budaya nenek moyang kita,” ujarnya.

Kepala Desa Hargobinangun Pakem Amin Sarjito mengatakan, pembersihan tahun 2022 di Dusun Kaliurang Barat merupakan momen yang spesial.

“Karena sejak merebaknya virus COVID-19, kegiatan ini terpaksa ditunda. Dengan pelaksanaan tahun ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat masyarakat dan merevitalisasi perekonomian khususnya di wilayah Kaliurang Barat,” ujarnya.

Ia mengatakan, semangat baik warga diharapkan dapat mendorong perekonomian dan mempererat gotong royong antar warga.

“Karena sebagian besar yang turut menyukseskan acara ini berasal dari lembaga swadaya masyarakat. Makanya kami bangga,” kata Kustini.

Puncak acara Bersih-bersih Dusun Kaliurang Barat berlangsung pada Sabtu (30/7) di Lapangan Tenis Kaliurang Barat. Acara tiga tahunan itu akan berlangsung pada 28-30 Juli 2022.

Tahun ini, puncak acara Dusun Bersih Kaliurang Barat mengangkat tema Kebangkitan Kaliurang Barat.

“Tema tersebut dipilih sebagai motivator bagi masyarakat Kaliurang Barat untuk bangkit pascapandemi COVID-19,” kata Kustini.

Perayaan tersebut diikuti oleh 865 peserta dari 8 RT. Setiap RT menyuguhkan tarian dengan konsep berbeda yang mengusung kearifan lokal. Selain menggelar atraksi seni dan budaya, kegiatan bersih-bersih di dusun Kaliurang Barat juga akan diisi dengan pertunjukan wayang kulit dan doa bersama.

Source: www.realitarakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button