Angkutan umum, solusi mengatasi kemacetan di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Angkutan umum, solusi mengatasi kemacetan di Jogja

Yogyakarta, IDN Times – Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM memperkirakan angkutan umum bisa menjadi solusi jangka pendek untuk mengatasi kemacetan lalu lintas saat liburan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Angkutan umum yang baik dapat menjadi alternatif bagi wisatawan.

Seperti saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) 2022, DIY dibanjiri wisatawan, bahkan Pemda DIY menyebut 7 juta orang mudik saat libur Nataru. Tak ayal, kondisi tersebut mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan.

1. Perkuat angkutan umum

PUSTRAL: Angkutan umum adalah solusi mengatasi kemacetan di JogjaIlustrasi moda transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Pustral UGM Ikaputra mengatakan, angkutan umum bisa diperkuat untuk menjadi solusi kemacetan yang muncul di momen liburan. Saat transportasi umum baik, wisatawan memarkir kendaraannya di hotel.

Belajar dari sejumlah negara bahwa angkutan umum digalakkan oleh pemerintah. Menurut dia, sejumlah negara lebih mendorong angkutan umum ketimbang kendaraan listrik. “Transportasi publik perlu dibenahi misalnya Singapura, Jepang dan sebagainya agar sangat mendukung transportasi publik,” kata Ikaputra, Kamis (29/12/2022).

2. Menyediakan antar jemput untuk wisata selama liburan

PUSTRAL: Angkutan umum adalah solusi mengatasi kemacetan di JogjaIlustrasi wisatawan berkunjung ke salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Dengan transportasi umum yang memadai saat musim liburan, pemerintah bisa menyediakan angkutan untuk mengantar wisatawan ke tempat tujuan wisata. Hal ini dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan bebas hambatan.

“Misalnya, membangun shuttle ke Gunungkidul, tempat wisata yang sangat diinginkan masyarakat, tapi hanya saat liburan. Mungkin begitu, menginformasikan kepada wisatawan agar mereka merencanakan dengan baik,” kata Ikaputra.

Baca juga: Daftar Rute Alternatif Ke Jogja, Hati-Hati di Jalan!

Baca juga: Pustral UGM menyebut sepeda sebagai alat transportasi terbaik di perkotaan

3. Akses wisata ke Jogja semakin mudah

PUSTRAL: Angkutan umum adalah solusi mengatasi kemacetan di JogjaIlustrasi Monumen Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Menurut Ikaputra, kemudahan akses menuju Jogja akan membuat kota ini menjadi tujuan wisata yang populer. Mobilitas mengalami peningkatan, terutama setelah pandemi Covid-19 mereda.

“Sekarang ini orang lebih mudah ke Jogja, tolnya lebih terkoneksi ke Solo,” kata Ikaputra.

Baca juga: EO Pesparawi Merasa Tersinggung dan Keluarkan Somasi

Baca Juga: Malioboro Tetap Buka untuk Perayaan Tahun Baru

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button