Dispar Flores Timur menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Pantai Wisata Ina Burak - WisataHits
Jawa Timur

Dispar Flores Timur menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Pantai Wisata Ina Burak

Dispar Flores Timur menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Pantai Wisata Ina Burak

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim Petrus Pemang Liku saat mengikuti kegiatan pelatihan pengelolaan desa wisata bagi kepala desa dan perangkatnya di Pantai Wisata Ina Burak, Kecamatan Ile Boleng. Foto: Dermaga Disparbud Flotim

Larantuka, Florespos.net– Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 12-14 Oktober 2022 di Pantai Wisata Ina Burak, Desa Nihaone, Kecamatan Ile Boleng, Pulau Adonara, dari pelatihan pengelolaan desa wisata. Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 kepala desa dan perangkat desa.

“Kegiatan pelatihan pengelolaan desa wisata ini kami lakukan untuk mendorong kepala desa dan perangkat desa lainnya untuk menggunakan semua atraksi wisata dan mengadakan event pariwisata di desanya masing-masing,” kata Kepala Disparbud Flotim Petrus Pemang Liku kepada Florespos.net, Sabtu (22/10). .2022), di tepi Kawaliwu Sunset Festival, Desa Sinar Hading.

Sebelumnya, Flotim Disparbud menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata oleh Kepala Bidang Promosi dan Kemitraan, John Wilbert, SST.Par., di Pantai Wisata Ina Burak, Kecamatan Ile Boleng.

Lanjut membaca:


Suasana pelatihan pengelolaan desa wisata bagi kepala desa beserta perlengkapannya di Pantai Wisata Ina Burak Kecamatan Ile Boleng. Foto: Dermaga Disparbud Flotim

Wilbert mengatakan dua narasumber dihadirkan dalam pelatihan tersebut, yakni Ferdinandus Edmundus Kadawara (DINHO Tourism Instructor) dan Udi Hartoko (Kepala Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur/Desa Mandiri Inspiratif pada ajang Indonesia Tourism Village Awards 2021).

“Pelatihan akan berlangsung mulai 12-14 Oktober 2022 dan akan melibatkan 50 kepala desa yang peduli atau memiliki visi misi terkait pariwisata,” ujarnya.

Pemang Liku menjelaskan, pelatihan yang anggarannya bersumber dari DAK Non Fisik 2022 ini merupakan bentuk peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkatnya untuk mengenali potensi wisata yang ada di desanya untuk dikelola dan dikembangkan menjadi daya tarik wisata utama.

“Pelatihan ini dimaksudkan agar para kepala desa dan perangkat desa lainnya dapat melihat dan memahami potensi yang ada di desanya. Kegiatan ini melibatkan 50 kepala desa beserta perangkatnya,” ujarnya.

Tenda akomodasi peserta Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Kepala Desa dan Perangkatnya di Pantai Wisata Ina Burak Kecamatan Ile Boleng. Foto: Dermaga Disparbud Flotim

Selain itu, Pemang Liku mengatakan, pihaknya bermaksud mengajak kepala desa dan perangkatnya untuk bekerja sama dengan warga, pemuda dan pihak lain untuk merancang acara untuk mendukung dan mempromosikan atraksi wisata yang ada.

Dan, kata dia, untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata di desa masing-masing. Juga untuk membangun pemahaman bersama tentang potensi yang ada.

“Kemudian bergerak dan bekerja sama dengan potensi lain seperti anak muda dan masyarakat untuk secara terbuka dan terbuka ‘menjual’ tempat wisata di desanya masing-masing untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Pemang Liku.*

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button