Ketua Umum PWNU Jabar All Out Dukung Konservasi Mangrove dan Pelabuhan Rempah - WisataHits
Jawa Barat

Ketua Umum PWNU Jabar All Out Dukung Konservasi Mangrove dan Pelabuhan Rempah

SUBANG – KH Juhadi Muhammad SH, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jabar, hadiri Gangga – Cilamaya Mangrove Festival pada Minggu (24/7) bertempat di 4 Venue, Desa Cilamaya Girang dan Desa Rawameneng, Subang, Jawa Barat, berlangsung pada tahun 2022).

Festival memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada 26 Juli ini merupakan bentuk pelibatan masyarakat dalam mendukung pertemuan G-20 yang tahun ini menjadi tuan rumah bagi Indonesia.

Festival diawali dengan pelepasan Fun Bike Cross Country dari Kantor Desa Cilamaya Girang oleh Danlanud Suryadarma Kalijari, Marsekal Pertama TNI Tarjoni. Acara dilanjutkan dengan bersepeda santai yang menghadirkan 500 pesepeda dari berbagai komunitas, menempuh rute 4 km menuju Greenthink Educational Forest.

Meski harus melewati jalan yang terjal, para kiai tampak bersemangat mengayuh sepedanya hingga garis finis. Setibanya di Greenthink, para tamu undangan diajak mengunjungi booth dengan berbagai produk olahan mangrove buatan Korem 063 Sunan Gunung Jati.

Kepada Kiai dan tamu undangan, Danrem 063, Kolonel (Inf), Dany Rakca Andalasawa menjelaskan bahwa produk olahan tersebut merupakan hasil penelitian hutan mangrove yang dilakukan oleh Korem 063 bersama Prof. Latif.

“Kami menggunakan limbah mangrove, bukan mangrove! karena kami sendiri masih menjaga kelestarian hutan mangrove. Limbahnya berupa buah-buahan yang jatuh, kita manfaatkan sebagai bahan baku makanan atau minuman yang memiliki nilai ekonomis,” kata Kolonel Inf Dany Rakca.

Usai mendengarkan pemaparan Danrem, rombongan tamu dipandu menelusuri Greenthink Edutourism Forest oleh pendiri sakoladesa.id, Rakeyan Nuswajati Bezie Galih Manggala, dan Manajer Hutan Pendidikan Greenthink, Ahroji.

Bezie dan Ahroji menjelaskan konsep Greenthink Forest dan tujuan Festival Mangrove kepada para tamu undangan yang terdiri dari anggota DPD RI Dra. orang Irlandia Hj. Eni Sumarni, M.Kes, Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT, Eko Sri Haryanto beserta jajarannya, Danrem 063 Sunan Gunung Jati, Bupati Subang H. Ruhimat beserta jajarannya, Dandim 0605 Letkol (inf) Bambang Raditya beserta jajarannya, Wakapolsek Subang Kompol Satrio Prayogo beserta jajarannya, dan Raja Galuh Pakuan, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi Sanggabuana.

Acara di greenthink diakhiri dengan penanaman mangrove dan dilanjutkan dengan wisata hutan mangrove dengan 6 perahu hias ke sungai Gangga di desa Rawameneng. Festival kemudian diakhiri dengan makan siang dan penandatanganan MoU tentang komitmen berbagai sektor untuk melindungi mangrove.

Saat penandatanganan komitmen, Ketua Umum PWNU Jabar KH Juhadi Muhammad menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas inisiatif Raja Galuh Pakuan yang menggagas festival mangrove yang sangat semarak ini.

Kiai Juhadi juga mengatakan kepada wartawan bahwa pihaknya bersama seluruh keluarga besar PWNU Jabar mendukung penuh pelestarian hutan mangrove dan pembangunan pelabuhan rempah Patimban.

“Sebelum festival ini, kami mengatur beberapa kementerian untuk membantu masyarakat melindungi hutan mangrove di sini. Tidak tanggung-tanggung, kami membawa setidaknya 5 kementerian dan berkomitmen untuk melaksanakan dalam 2 program bantuan ini untuk melindungi desa-desa mangrove, ”katanya.

Tidak hanya itu, kata KH Juhadi Muhammad, pihaknya bersama LPP PWNU Jabar juga akan mendukung petani dan petani untuk menghasilkan produk alam yang nantinya akan didistribusikan ke berbagai belahan dunia melalui Pelabuhan Internasional Patimban.

“Kami berharap pembangunan Pelabuhan Patimban tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan industri, tetapi juga memperhatikan kelestarian alam dan mendukung ekonomi rempah-rempah yang saat ini sedang diupayakan oleh masyarakat NU, khususnya di Kabupaten Subang.” Puri.

Pada festival tersebut, KH Juhadi Muhammad didampingi Wakil Ketua KH Rodia Al Farozi, serta Gus Syairin dan KH Nurdin Hidayat S.HI, M.si, Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PWNU Jabar dan Sekjen LPP PWNU Jawa Barat, Kiai Mas Gilang Kusuma. Rombongan ini disambut oleh Ketua Umum Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kab. Subang, Kiai Satibi, S.Pd.I, MM ***

Source: www.gonews.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button