7 Wisata Banyuwangi Dengan Cerita Horor Yang Bikin Merinding - WisataHits
Jawa Tengah

7 Wisata Banyuwangi Dengan Cerita Horor Yang Bikin Merinding

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dikenal sebagai surga wisata. Sejumlah tempat wisata kerap dipadati pengunjung yang datang ke bumi blambangan ini.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kabupaten berjuluk Sunrise of Java ini. Kabupaten Banyuwangi juga terkenal dengan seni dan budaya aslinya.

Namun siapa sangka di luar keindahannya, Banyuwangi juga memiliki sejumlah tempat bersejarah dan mistis yang terkenal dengan cerita horornya.

Bahkan, Banyuwangi disebut-sebut sebagai kota santet. Lantas, apa saja destinasi wisata di Banyuwangi yang terkenal dengan cerita horor dan mistisnya?

Berikut ini adalah daftar tempat wisata angker di Banyuwangi:

Pantai Boom

Pantai Boom yang pernah dijadikan pelabuhan utama di Banyuwangi, ternyata pernah terjadi tragedi yang mengerikan yaitu tragedi INKAI.

Tragedi ini memakan banyak korban, sebab air laut tiba-tiba menimbulkan gelombang besar. Itu menyeret karateka yang berlatih di laut.

Sedikitnya ada 26 karateka, termasuk instrukturnya, yang menjadi korban insiden saat melakukan latihan.

Desas-desus beredar bahwa Pantai Boom pernah menjadi dapur kerajaan roh besar dan merupakan pusat kerajaan roh di Alas Purwo Banyuwangi.

Maka tidak salah jika dulu Pantai Boom menjadi salah satu tempat wisata yang angker dan mistis di Kabupaten Banyuwangi.

batu dodol

Watu Dodol merupakan salah satu wisata di Banyuwangi yang terletak di Kecamatan Kalipuro. Kisah rahasia Watu Dodol memang sudah melegenda di Bumi Blambangan.

Watu Dodol berada tepat di jalur utama Banyuwangi-Situbondo. Nama Watu Dodol sendiri berasal dari sebuah bongkahan batu di tengah jalan tanah yang menghubungkan kedua kabupaten ini.

Batu ini menjulang setinggi sekitar 10 meter dengan permukaan batu yang keras. Keberadaan batu ini memiliki banyak versi cerita. Salah satunya adalah legenda Ki Buyut Pengacara yang menjadi cikal bakal tradisi Puter Kayun Banyuwangi.

Watu Dodol juga memiliki kekuatan mistik tersendiri karena terdapat juga patung Gandrung yang merupakan ikon dari pemerintahan Banyuwangi. Dikatakan bahwa patung Gandrung dapat menari dan mengubah ekspresi wajah.

asrama bahasa inggris

Asrama Inggris adalah bekas rumah sakit yang terletak di depan Paviliun Blambangan. Tempat ini memiliki sejarah yang begitu kelam.

Hostel Inggris ini pernah digunakan sebagai tempat pembantaian di zaman Belanda. Tempat ini juga memiliki pohon beringin besar.

Informasi dari penduduk setempat menunjukkan bahwa teriakan minta tolong sering terdengar saat malam tiba dan konon noni Belanda sering terlihat berjalan di sekitar asrama Inggris.

Rumah sakit asal Inggris ini dikenal sebagai tempat angker di masyarakat sekitar. Konon bangunan ini telah mengalami beberapa kali pergantian kekuasaan.

Rowo Bayu

Rowo Bayu merupakan salah satu destinasi di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Tempat ini juga dikenal sebagai daerah mistis.

Rowo Bayu atau Rawa Bayu adalah tempat yang tenang dan misterius. Di sinilah pada tanggal 18 Desember 1771 lahirlah Kabupaten Banyuwangi.

Daerah ini pernah menjadi saksi sejarah dimana terjadi pertempuran antara kerajaan Blambangan dan Belanda. Dengan kekuatan jalan raja dan rakyat Blambangan, perang ini kemudian dimenangkan oleh kerajaan Blambangan.

Banyak korban yang berjatuhan, sehingga rawo ini dianggap sebagai tempat bersemayamnya makhluk halus. Salah satu tokoh yang menjaga Rowo Bayu bernama Nyai Resek.

Wujud Bu Nyai Resek sendiri memiliki paras yang cantik dan bijaksana. Dikelilingi oleh tentara dan sosok wanita lainnya.

Tak heran jika Rowo Bayu pernah memakan kurban seorang anak yang mandi di rawa. Terakhir, kawasan Rowo Bayu dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Banyuwangi.

Tonton video pilihan berikut:

Warga setempat menggelar estafet obor di area Citayam Fashion Week

Source: jatim.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button