6 pernyataan soal kemungkinan Sandiaga maju di Pilpres 2024 - WisataHits
Jawa Tengah

6 pernyataan soal kemungkinan Sandiaga maju di Pilpres 2024

TEMPO.CO, jakarta – Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Gerindra, Sandiaga Uno, kerap ditanya soal kesediaannya mencalonkan diri di Pilpres atau Pilpres 2024. Ia sudah menyatakan siap mengikuti kontes politik lima tahunan itu setelah beberapa partai lainnya. telah menyatakan ini mereka bersedia untuk mendukungnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga angkat bicara tentang kemungkinan keluar dari partai karena kader Gerindra secara aklamasi mendukung Prabowo Subianto.

Berikut sejumlah pernyataan Sandiaga dan politisi terkait kesiapan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu untuk Pilpres 2024.

1. Masukkan peringkat teratas Wakil Presiden dalam jajak pendapat

Pada akhir September lalu, nama Sandiaga Uno menempati urutan pertama dalam jajak pendapat calon wakil presiden yang dilakukan oleh Charta Politika. Sandiaga menjawab akan mematuhi keputusan partainya. Namun, Sandiaga mengisyaratkan jika publik benar-benar ingin dia menerima bahwa dia akan mencalonkan diri pada 2024 sebagai calon wakil presiden daripada calon presiden.

“Siapapun yang diberi mandat, apapun jabatannya, harus siap,” kata Sandiaga, Sabtu, 1 Oktober 2022.

2. Konsekuensi etis jika Anda maju

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan Sandiaga ada konsekuensi etis dan moral jika ingin mencalonkan diri sebagai calon presiden 2024. Dasco yakin Sandiaga Uno memahami konsekuensi menerima ajakan mencalonkan diri sebagai presiden dari partai lain.

“Memilih menjadi presiden atau calon presiden yang diajukan oleh partai lain tidak masalah, tapi ada konsekuensi etika dan moral. Memenuhi tugas Anda sebagai Menteri juga merupakan pilihan hidup. Jadi pilihan itu harus dibuat,” kata Dasco. 9 September 2022.

3. Tunggu restu Prabowo

Awal November lalu, Sandiaga mengaku masih menunggu keputusan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto soal maju atau tidaknya mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Belajar dari pengalamannya saat Pilpres 2017 dan 2019, Sandiaga mengatakan restu Prabowo untuk mencalonkan diri di dua pilpres datang di detik-detik terakhir. Sementara itu, Sandiaga menilai Prabowo belum fokus pada Pilpres 2024. “Saya akan tetap lapor ke Pak Prabowo. Dia ketua umum dan saya kader,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu, 2 November 2022.

4. Kemungkinan kembali berpasangan dengan Prabowo

Sandiaga mengumumkan kemungkinan dirinya akan kembali menjadi pasangan Prabowo di Pilpres mendatang, seperti di Pilpres 2019. Ia merasa terhormat bisa maju bersama Prabowo sebagai calon wakil presiden, meski kalah dari Joko Widodo dan Maruf Amin.

Pada 4 November 2022, Sandiaga menegaskan semua keputusan terkait Pilpres 2024 ada di tangan partai politik. Sandiaga mengatakan, begitu parpol sudah menentukan calonnya, kader harus siap menerima dan menjalankan amanah itu. “Kalau saya lagi ditugaskan mendampingi Pak Prabowo (di Pilpres 2024), Mengapa tidak?” dia berkata.

5. Seputar kemungkinan keluar dari Gerindra

Pada 10 Desember 2022, Sandiaga angkat bicara saat ditanya kemungkinan keluar dari partai setelah tidak diberi izin mencalonkan diri di Pilpres 2024.

“Yah, aku tidak berpikir terlalu jauh. Kami tunggu pendaftarannya ke KPU karena akan ditentukan saat pendaftaran ke KPU Oktober 2023. Jadi itu kepastian, tentu kebijakan itu sangat dinamis, fluktuatif,” kata Sandiaga.

6. Siap Nyapres, sudah koordinasi dengan Prabowo

Sandiaga akhirnya blak-blakan menyatakan kesiapannya mencalonkan diri sebagai calon presiden 2024 saat menghadiri acara PPP di Pamekasan, Madura pada Senin, 19 Desember 2022. Dia mengaku tak khawatir menghebohkan Partai Gerindra karena berpihak pada Prabowo.

Ia mengaku mencatat aspirasi semua orang sesuai instruksi Prabowo, termasuk memintanya kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Sandiaga juga mengaku selalu melaporkan aspirasi yang didapatnya kepada Prabowo. Sehingga jika ada parpol yang menggiringnya sebagai calon presiden, Sandiaga mengaku siap. “Apapun keputusannya, kita harus siap,” kata Sandiaga.

RIANI SANUSI PUTRI | M JULNIS FIRMANSYAH

Baca juga: Sandiaga Uno dan Erick Thohir mencalonkan diri sebagai capres 2024

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button