5 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo. Dari taman hewan hingga pasar! - WisataHits
Jawa Tengah

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo. Dari taman hewan hingga pasar!

Anda sedang mencari tempat liburan yang menarik? Atau bingung mau liburan kemana? Nah kali ini saya punya rekomendasi tempat wisata yang tentunya indah dan menarik di sekitar kota surakarta. Padahal, banyak pertimbangan untuk memilih tempat wisata yang tentunya tidak hanya indah tapi juga bagus untuk anak-anak sebagai sarana edukasi. Untuk itu, ada tempat wisata di sekitar kota Solo yang ramah anak dan pastinya tidak membosankan:

1. Taman Satwa Taru Jurug

Nah, salah satunya yaitu kebun binatang. Tentunya tempat wisata ini menjadi tempat anak-anak berkenalan dengan spesies hewan yang ada di dunia. Taman Satwa Taru Jurug terletak tepat di sebelah kampus UNS dan Sungai Bengawan Solo di Surakarta. Selain binatang, kebun binatang ini juga menawarkan berbagai permainan yang bisa menguji keberanian dan ketangkasan anak, seperti Flying Fox.

2. Keraton Kasunanan Surakarta

Kedua ada Keraton Kasunanan Surakarta, di kompleks keraton ada Alun-alun Kidul tempat tinggal Kyai Slamet kebo bule untuk Karnaval Satu Malam Suro. Selain itu, ada juga pusaka keraton yang menarik untuk dilihat dan dipelajari. Selain wisata sejarah di dekat Keraton Kasunanan Surakarta, ada Pasar Klewer yang rata-rata pedagang menjual kain dan pakaian jadi cocok untuk oleh-oleh khas kota Solo.

Berikutnya yaitu Pasar Gedhe dianggap sepele karena hanya pasar, namun Pasar Gedhe memiliki hari libur nasional karena bertepatan dengan acara keagamaan. Pada hari-hari keagamaan kawasan sekitar Pasar Gede biasanya dihias dengan pernak-pernik yang identik dengan acara keagamaan, seperti pada saat Imlek kawasan sekitar Pasar Gede dipenuhi lampion-lampion yang menyala terang menghiasi jalanan Pasar Gede. Dan di pasar Gedhe banyak dijajakan kue-kue khas daerah Solo. Selain keindahannya, Pasar Gede yang bertepatan dengan hari besar keagamaan juga menawarkan banyak kuliner khas Kota Surakarta. Karena keistimewaannya, Pasar Gede cocok bagi Anda yang menyukai wisata kuliner, khususnya makanan jadul di kota Solo yang hingga saat ini masih menjadi jajanan kekinian seperti serabi, gethuk dan nasi liwet.

4. Kawasan Wisata Gunung Lawu

Kemudian beralih ke Kabupaten Karanganyar. Wisata di Kabupaten Karanganyar identik dengan wisata alam karena terletak di kawasan Gunung Lawu yang berhawa sejuk dan banyak pepohonan serta terasering yang menyempurnakan perjalanan menuju kawasan wisata. Di Karanganyar sendiri terdapat wisata air terjun seperti Jumog dan juga Grojogan Sewu yang airnya sangat jernih dan dingin, dengan suasana tersebut bisa menjadi tempat untuk merelaksasi pikiran. Selain wisata air di Kabupaten Karanganyar juga terdapat wisata kebun teh, kebun teh banyak bisa anda temukan di kawasan Kemuning Ngargoyoso Karanganyar. Terdapat kebun teh yang sangat luas dan ditemani pemandangan hamparan yang indah. Dan cocok untuk yang suka berfoto bertema alam

5. Kawasan wisata air Klaten

Berikutnya adalah wisata air di Klaten. Klaten identik dengan banyak umbul atau mata air yang sangat jernih sehingga bisa dijadikan tempat wisata. Ada banyak tempat wisata Umbul di Klaten seperti Umbul Penggok, Umbul Manten dan Umbul Nilo. Nah, bagi yang hobi fotografi dan berenang, Umbul Ponggok paling cocok.Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Di umbul ponggok ini terdapat titik foto di dalam air yang sengaja diletakan oleh pihak pengelola, berisi objek yang sering kita jumpai sehari-hari, misalnya sepeda yang ditaruh di dalam air, juga foto anda di dalam air akan jauh lebih bagus karena Hal ini didukung oleh air yang sangat jernih dan juga ikan berwarna-warni yang hidup di umbul. Harga tiket masuknya sendiri cukup bersahabat, mulai dari 10.000 hingga 15.000 rupiah untuk satu tiket masuk. Nah, ini tempat wisata yang recommended banget untuk dikunjungi saat liburan di kota Solo. Jadi, Anda punya ide ke mana Anda ingin pergi berlibur. Selamat berlibur

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.”

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button