5 kota terpadat di jawa timur, kamu berada di daerah mana? - WisataHits
Jawa Timur

5 kota terpadat di jawa timur, kamu berada di daerah mana?

Surabaya

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa. Situs resmi Provinsi Jawa Timur menyebutkan bahwa Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.963 km2 yang meliputi dua bagian utama. Yaitu daratan Jawa Timur dan Kepulauan Madura.

Luas daratan Jawa Timur adalah 42.541 km2 sedangkan Kepulauan Madura memiliki luas 5.422 km2. Jumlah penduduk akan mencapai 40,67 juta pada tahun 2020.

Secara administratif, Jawa Timur terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota. Hal ini menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbesar di Indonesia. Ibukota Provinsi Jawa Timur adalah Surabaya.

Berikut 5 kota terpadat di Jawa Timur:

1. Kota Surabaya

Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur. Sebelah utara dan timur kota Surabaya dibatasi oleh Selat Madura. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Gresik.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Menurut website pemerintah Surabaya, luas Kota Surabaya sekitar 326,81 km2, terbagi atas 31 kecamatan dan 163 desa/Kelurahan. Jumlah penduduk sekitar 2,9 juta orang pada tahun 2020. Kepadatan penduduk Kota Surabaya mencapai 8.798 jiwa/km2.

Sebagai kota metropolitan, Surabaya merupakan pusat kegiatan ekonomi di Jawa Timur. Mayoritas penduduknya bergerak dalam bidang bisnis, jasa, industri, dan perdagangan. Sawah jarang ditemukan di Kota Pahlawan.

2. Kota Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Kota Malang berada sekitar 440 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, udara di Malang cukup sejuk. Luasnya mencapai 114,26 km2.

Secara administratif, Kota Malang terbagi menjadi 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Kedungkandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Lowokwaru. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Malang tahun 2021 jumlah penduduk Kota Malang sekitar 844.933 jiwa dengan kepadatan penduduk 7.781 jiwa/km2.

Kota Malang sering disebut sebagai kota pariwisata. Karena di kota ini terdapat berbagai jenis wisata.

Mulai dari kuliner, taman kota, festival dan religi. Lokasinya yang strategis di tengah Malang Raya dapat memudahkan pengunjung untuk menjangkau berbagai destinasi wisata alam di Malang Raya.

Saksikan video “Renovasi Masjid Kemayoran Surabaya, Jangan Kurangi Kemegahannya”.
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button