10 Wisata Religi di Jawa Timur dengan Cita Rasa Islami dan Historis - WisataHits
Jawa Timur

10 Wisata Religi di Jawa Timur dengan Cita Rasa Islami dan Historis

10 Wisata Religi di Jawa Timur dengan Cita Rasa Islami dan Historis

Surabaya (beritajatim.com) – Pulau Jawa memang dikenal sebagai salah satu tempat penyebaran agama Islam di Nusantara yang saat ini dikenal dengan nama Indonesia.

Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur, tidak hanya dihuni oleh masyarakat muslim tetapi juga memiliki berbagai situs sejarah Islam yang dijadikan sebagai objek wisata religi.

Lalu apa saja objek wisata religi di Jawa Timur? Berikut adalah daftar 10!

1. Makam Sunan Ampel

Salah satu destinasi wisata religi yang paling populer adalah makam Sunan Ampel yang terletak di ibu kota provinsi Jawa Timur.

Mengunjungi makam Sunan Ampel tidak hanya mengajak Anda untuk belajar tentang sejarah Islam, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menikmati masakan Suroboyan dan beberapa masakan India dan Timur Tengah. Sunan Ampel adalah putra Maulana Malik Ibrahim.

2. Masjid Agung Surabaya atau Masjid Al-Akbar

Masih di jantung Jawa Timur, destinasi wisata religi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Masjidil Haram.

Mesjid seluas 11,2 hektar ini menjadi salah satu ikon wisata religi di kota Surabaya. Masjid ini memiliki bangunan yang megah dan arsitektur yang menakjubkan, Anda akan betah berlama-lama disana.

3. Masjid Muhammad Cheng Ho, Surabaya

Seperti namanya, bangunan ini memiliki keunikan pada desain masjid yang memiliki gaya arsitektur Cina. Sepintas masjid ini menyerupai klenteng, tempat peribadatan umat Tri Dharma.

4. Makam Sunan Buto Putih

Memang Sunan Buto Putih atau biasa dikenal dengan Kia Brondong tidak begitu populer di daftar destinasi wisata di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Namun, Sunan Buto diyakini sebagai tokoh penting dalam menyebarkan Islam di wilayah tersebut.

5. Makam Sunan Giri

Sedikit diimbangi dari Surabaya adalah makam Sunan Giri. Destinasi wisata religi yang satu ini juga cukup terkenal.

Makam Sunan Giri terletak di dataran tinggi. Untuk mengunjungi makam ini Anda harus menaiki ratusan anak tangga.

Tenang saja, di sepanjang jalan ada warung makan dan minum jadi kamu bisa istirahat sejenak jika lelah.

6. Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Tidak jauh dari makam Sunan Giri terdapat makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, umumnya para peziarah selalu mengunjungi kedua tempat ini secara silih berganti.

Di areal makam Sunan Malik Ibrahim juga terdapat pusaran Bupati Pertama Gresik dan keturunan Malik Ibrahim.

Maulana Malik Ibrahim masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Sunan Giri yang tidak lain adalah paman Sunan Giri. Sunan Maulana juga ayah dari Sunan Ampel.

7. Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Siti Fatimah binti Maimun juga merupakan salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Jawa Timur, tepatnya di daerah Gresik.

Dikenal sebagai Putri Retno Suwari, dia adalah sepupu langsung Sunan Malik Ibrahim. Makam ini juga dikenal sebagai Makam Panjang.

8. Makam Sunan Drajat

Setelah mengunjungi tempat wisata religi di Gresik, kini kami pindah ke daerah Lamongan. Ada makam Sunan Drajat, salah satu penyiar agama terkemuka dan masih bagian dari Wali Songo dimakamkan di Paciran, Lamongan.

9. Makam Syekh Maulana Ishaq

Syekh Maulana Ishaq adalah ayah dari Sunan Giri yang dimakamkan di Paciran, Lamongan. Syekh Maulana Ishaq tidak hanya memiliki seorang putra tetapi juga seorang putri bernama Saroh. Tak lain adalah istri Sunan Kalijaga dan ibunda Sunan Muria.

10. Makam Dewi Sekardadu

Sekarang mari kita lompat ke Sidoarjo. Ada juga beberapa destinasi religi. Salah satunya adalah makam Dewi Sekardadu. Dibandingkan dengan destinasi lain, makam ini relatif sepi peziarah, hanya pada waktu-waktu tertentu,

Itulah 10 wisata religi bernuansa Islam dan sejarah di Jawa Timur. (Jhn/tidur siang)

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button