Geliat Wisata Kenjeran, Nikmatnya Para Perokok - WisataHits
Jawa Timur

Geliat Wisata Kenjeran, Nikmatnya Para Perokok

SURABAYA, iNews.id – Penjual ikan asap di kawasan Pantai Kenjeran Surabaya senang. Pasalnya, wisatawan kini mulai menggeliat setelah dua tahun terbengkalai akibat wabah Covid-19.

Pedagang ikan asap, Nurul Fadilah, mengaku usaha yang digelutinya selama 5 tahun sudah kembali normal seperti sebelum pandemi merebak. Selama pandemi, perempuan berusia 18 tahun ini juga merasakan dampaknya.

Ikan asap yang dia jual setiap hari di pinggir jalan tidak ada habisnya. Ini tidak cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Namun, untuk saat ini, situasinya normal, katanya. Hasil jualan ikan asap tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pokok saja. Bahkan bisa menyisihkan sebagian keuntungannya untuk tabung.

“Biasanya sehari bisa dapat Rp 1 juta,” katanya, Rabu (23/11/2022).

Pedagang cantik ini menuturkan, di Kenjeran sendiri ada tiga spesies ikan yang diburu pelanggan. Yakni lele, ikan PE atau ikan pari dan kakap.

Ikan ini ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Lele asap dan pe atau ikan pari dijual dengan harga Rp 2.500 per tusuk sate. Kakap sekarang dijual seharga Rp 5.000 per tusuk sate.

Diketahui ikan asap atau bakar ini berasal dari ikan laut segar hasil tangkapan nelayan dan diolah dengan cara sederhana.

Ikan dicuci bersih, direndam air garam dan bawang putih, lalu dibakar di atas bara batok kelapa. Kepulan asap dari batok kelapa mengasapi ikan hingga kering.

Selain murah, keuntungan lain membeli oleh-oleh ikan asap surabaya adalah awet meski disimpan lama. Bagi yang penasaran ingin mencicipi kelezatan ikan asapnya, Anda bisa langsung menuju ke Kenjeran.

Di sepanjang jalan di kawasan pantai Kenjeran banyak dijumpai penjual ikan asap. Di pinggir jalan, pedagang membagikan berbagai jenis ikan asap segar.

Penerbit : Ali Masduki

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button