Tiket dan Pesona AIR TERJUN TUMPAK SEWU - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Pesona AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Tiket dan Pesona AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Harga tiket masuk Air Terjun Tumpak Sewu : Rp 10.000. Jam buka: 07:00-17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Desa Siji, Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, 67374.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang terletak di antara dua kabupaten. Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Oleh karena itu, pintu masuk ke air terjun ini bisa dari Lumajang atau Malang.

Keindahan air terjun ini sangat menawan. Pasalnya, air terjun seperti ini tidak ada tandingannya di Indonesia. Bahkan ada yang mengatakan air terjun ini adalah Air Terjun Indonesia karena bentuk air terjunnya yang menyerupai tirai.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk memasuki objek wisata ini pengunjung harus membayar tiket yang cukup murah. Harga tiket untuk anak-anak dan dewasa sama. Tidak ada perbedaan antara hari kerja dan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu
Beli Trekking Pribadi Malang Rp395.000
Tiket Masuk Turis Domestik Rp 10.000
Tiket masuk wisata internasional Rp 20.000
tiket parkir
Parkir hanya untuk sepeda motor Rp5.000
Tempat parkir mobil Rp 10.000

Baca: PUNCAK B29 Lumajang Pemandangan yang Fantastis

Jam buka

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari, dari pagi hingga sore hari. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada pagi hari. Karena pengunjung bisa menikmati suasana dan pemandangan air terjun yang indah.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Ragam keindahan air terjun Tumpak Sewu

keindahan air terjun tumpak sewuKeindahan pemandangan perbukitan hijau dan lembah di sekitar kawasan wisata menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata air terjun ini. Foto: Gmap/NANANG SOENDARIJANTO

Lokasi air terjun ini berada di dalam hutan sehingga suasananya selalu sangat asri. Pengunjung dapat mencium udara segar dan pepohonan yang rimbun. Sesekali terdengar sayup-sayup suara kicauan burung dan binatang hutan lainnya.

Kekhasan air terjun ini yang menonjol dari yang lain adalah bentuknya. Meskipun biasanya hanya ada satu sekte, Tumpak Sewu memiliki beberapa sungai seperti Niagara. Yang membuatnya terlihat seperti tirai air jernih yang lebat.

Gemuruh air terjun begitu nyaring dan terdengar menyegarkan. Keindahannya begitu mempesona, apalagi pengunjung bisa menikmati pemandangan dari atas dan bawah. Di sini juga disediakan titik pandang untuk menyaksikan keindahan air terjun dari atas.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang

Keindahan air terjun dari pos pengamatan

Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan sekitar 400 meter. Di sinilah letak pos pengamatan untuk mengamati air terjun dari atas.

Pos pengamatan ini merupakan bangunan permanen dengan luas 30 meter persegi. Tempat ini dapat menampung sekitar 50 pengunjung. Di pinggir gardu dilengkapi dengan pengaman berupa pagar besi.

Jarak antara pos pengamatan dan air terjun sekitar 100 meter. Ketinggian air terjun dari lembah ke puncak sekitar 50-70 meter. Dengan kondisi tersebut, Tumpak Sewu dapat diartikan sebagai “seribu air terjun yang menempel di dinding”.

Baca: Tiket Masuk Coban Rais dan Ragam Wahananya

Pendakian yang mengasyikkan di sepanjang lembah

Bisa dibilang menuju kawasan air terjun cukup memacu adrenalin. Betapa tidak, untuk mencapai lembah tersebut, pengunjung harus menempuh perjalanan yang sulit melewati medan yang sangat sulit.

Pengunjung harus turun melalui dinding air terjun. Bahkan, tidak ada jalan dan pengunjung harus melewati tengah air terjun kecil. Selain itu, medan yang landai memaksa pengunjung untuk ekstra hati-hati.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Jumog

Memang terkadang tangga bambu rusak sebagian. Namun jangan khawatir, karena jalan yang Anda lewati sudah dilengkapi dengan keamanan. Ada pegangan besi, kayu dan tali.

Air terjun kecil di kawasan Tumpak Sewu

air terjun kecil di sekitar tumpukan sewuAir terjun kecil di sekitar Tumpak Sewu. Foto: Gmap/Ade Nurjanah

Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sini juga banyak air terjun kecil. Tidak sebesar Tumpak Sewu, tapi tak kalah menawan. Oleh karena itu, alirannya jernih dan dingin, khas air pegunungan.

Air terjun kecil ini mengalir ke kolam kecil di bawahnya. Pengunjung juga bisa terjun ke kolam ini. Karena air kolam sangat jernih, pengunjung bisa melihat dasar kolam.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Madakaripura

Padahal, saat pengunjung menyelam, tingkat visibilitasnya masih tinggi. Pengunjung dapat dengan jelas melihat dasar kolam meski tanpa kacamata.

Gua di belakang air terjun

Tidak hanya air terjun, disini juga terdapat goa. Gua ini disebut Goa Bidadari. Goa Bidadari ini umumnya digunakan untuk menyendiri orang yang memiliki kepercayaan tertentu. Meski begitu, pengunjung umum juga bisa masuk.

Lembah Air Terjun Tumpak Sewu

lembah di bawah air terjunAir terjun ini dapat dilihat dari 2 tempat dari atas dan dari lembah di bawah air terjun Foto : Gmap/muhammad jaelani 194

Lembah ini merupakan tempat untuk menyaksikan air terjun dari bawah. Pengunjung bisa melihat betapa megahnya tabir air terjun ini. Ditambah lagi, keseruan saat mendengar gema suaramu sendiri saat berteriak.

Berbeda dengan melihat air terjun dari dek observasi, dari sini pengunjung bisa merasakan sensasi percikan air langsung dari air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Malang Sky Park.

Aneka fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain tempat parkir, toilet, mushola dan warung makan.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini terletak di Kampung Siji, Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Berjarak sekitar 52 kilometer dari pusat kota Lumajang, dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button