Sambutan hangat dari masyarakat Makassar untuk Daeng Manaba - WisataHits
Jawa Tengah

Sambutan hangat dari masyarakat Makassar untuk Daeng Manaba


PIKIRAN ORANG
– Seorang pria berpakaian adat Makassar berdiri di depan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu (9 Oktober). Dengan badik di tangan, pria itu membacakan puisi dari Makassar dengan iringan musik tradisional.

Inilah atraksi Angngaru, suguhan selamat datang bagi tamu terhormat yang datang ke Sulawesi Selatan. Ganjar disambut dengan tradisi ini karena selain menjadi gubernur Jawa Tengah, ia juga termasuk bangsawan Bugis dengan gelar kehormatan Daeng Manaba.

Ganjar diundang Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengunjungi gang wisata di Desa Tello Baru, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar. Bersama Danny Pomanto, Ganjar langsung disambut antusias oleh ratusan orang yang hadir usai acara penyambutan.

“Selamat datang Daeng Manaba, foto-foto dulu, Pak,” teriak warga yang berebut berfoto, sapa Ganjar.

Baca Juga: Racing World Kembali Berduka, Pembalap WSSP 300 Asal Spanyol Meninggal dalam Kecelakaan di Portugal

Ganjar dengan ramah melayani masyarakat yang ingin berfoto bersama. Sesekali Ganjar bercanda di depan umum.

Ganjar kemudian diajak Danny Pomanto berkeliling gang wisata tersebut. Di tempat ini, Ganjar diajak untuk memanen cabai dan ikan nila serta menikmati berbagai makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang ditanam oleh warga. Tempat makannya juga enak banget, yaitu resto terapung di sungai.

“Hari ini kami mendapat kehormatan, Pak Ganjar ingin mampir ke jalan wisata ini. Ini suatu kebanggaan bagi kami Makassar. Atas nama masyarakat Makassar, terima kasih banyak,” kata Danny.

Danny mengaku sudah lama tak mengundang Ganjar ke Makassar. Dalam acara F8, Ganjar juga diundang. Tapi entah kenapa dia tidak bisa hadir.

“Kami sangat bangga dia bisa hadir di tengah-tengah kami hari ini. Semoga ini menambah erat persaudaraan antara Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan yang sudah terjalin sejak Pangeran Diponegoro. Hubungan hati inilah yang membawa Daeng Manaba ke sini. Harusnya, ‘Panggil saja Daeng Manaba karena mereka sudah seperti keluarga,’ ujarnya yang disambut tepuk tangan ratusan warga.

Source: www.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button