Longsor di perbatasan Malang – Batu, pengalihan lalu lintas - WisataHits
Jawa Timur

Longsor di perbatasan Malang – Batu, pengalihan lalu lintas

Longsor di perbatasan Malang – Batu, pengalihan lalu lintas

Malang (Beritajatim.com) – Satuan Lalu Lintas Polres Malang Terpaksa mengalihkan arus kendaraan roda empat yang melintas dari Karangploso, Kabupaten Malang ke kawasan Kota Wisata Batu, Sabtu (26/11/2022) malam. Pengalihan dilakukan akibat bencana longsor yang melanda kawasan Jurang Susuh akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang.

Jalan Akses Kawasan Jurang Susuh merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Malang dan Batu melalui Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dan Desa Giripurno, Kota Batu. Orang biasa menyebut garis keturunan Karangploso Batu.

Jalur ini merupakan akses utama bagi masyarakat yang bepergian ke tujuan Malang-Batu atau sekedar jalan-jalan karena lebih dekat bila diakses dari pintu tol Karanglo, Singosari.

Kabid Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan akses jalan alternatif menuju Malang dan Batu hingga saat ini masih ditutup dan hanya bisa digunakan dengan kendaraan roda dua. “Petugas di lapangan masih memblokir jalan, hanya dua sepeda yang bisa melewatinya,” kata Taufik dari Polres Malang, Sabtu (26/11/2022).

Taufik mengatakan, petugas memblokir jalan dari pertigaan Polres Karangploso ke Batu. Seluruh kendaraan roda empat atau lebih mengarah ke arah barat menuju Jalan Panglima Sudirman kemudian menuju pertigaan Pendem, Batu. “Kendaraan roda empat atau lebih tidak diperbolehkan melintas karena lokasi longsor masih berbahaya dilalui kendaraan besar,” katanya.

Taufik mengatakan, petugas dari Satlantas dan Polres Karangploso Polres Malang bersama Polres Batu, BPBD, Tagana dan relawan lainnya disiagakan di lokasi longsor untuk mengantisipasi warga agar tidak melintas karena berbahaya.

Taufik mengimbau masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Malang ke Batu dapat menggunakan jalur Dinoyo – Landungsari agar tidak terjebak kepadatan kendaraan di sekitar Karangploso. Akses Jalan Raya Giripurno di kawasan Jurang Susuh jebol pada Sabtu malam (26/11/2022) sekitar pukul 17.30 WIB di kedua sisi.

Pinggir jalan ambruk karena aspal jalan tergerus akar pohon yang tumbang. Tidak ada korban luka dalam insiden tersebut. Namun, kendaraan 4×4 yang datang dari Kabupaten Malang menuju Kota Batu yang akan melewati jalur tersebut terpaksa dialihkan belok kiri melalui jalur Karangploso-Pendem. [yog/suf]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button