6 Wisata Religi Kristen di Indonesia untuk Memperkuat Iman - WisataHits
Yogyakarta

6 Wisata Religi Kristen di Indonesia untuk Memperkuat Iman

6 Wisata Religi Kristen di Indonesia untuk Memperkuat Iman / unsplash: Karl Fredrickson Apakah Anda memiliki rencana kegiatan selama liburan Paskah dan Natal? Selama perayaan Natal dan Paskah, umat Kristen biasanya melakukan berbagai kegiatan ibadah. Setelah itu, tak ada salahnya mengunjungi tempat wisata religi Kristen di Indonesia untuk memperdalam iman dan pengetahuan sejarah agama.

Tempat wisata religi biasanya dipilih saat wisatawan datang pada saat libur Paskah dan menjelang perayaan Natal. Menurut kemenparekraf.go.id, tempat wisata rohani bagi umat kristiani dapat dikunjungi untuk berlibur dan berdoa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Kunjungan ke tempat-tempat yang merupakan bagian dari peradaban Kristen di Indonesia memperkuat iman.

Tempat wisata religi Kristen di Indonesia tidak kalah dengan yang ada di luar negeri dan memiliki sejarah dan arsitektur yang indah. Tempat wisata sendiri sangat beragam di Indonesia, mulai dari gua, patung, air mancur hingga bangunan ikonik. Simak rangkaian tempat wisata religi kristen di Indonesia berikut ini yang bisa Anda kunjungi untuk meneguhkan iman Anda.

6 Wisata Religi Kristen di Indonesia untuk Memperkuat Iman

6 Wisata Religi Kristen di Indonesia untuk Memperkuat Iman/Unsplash: Joshua Eckstein Simak daftar tempat wisata religi Kristen di Indonesia berikut yang bisa Anda kunjungi untuk meneguhkan iman Anda.

1. Gua Maria Lourdes Pohsarang.

Gua Maria adalah sebuah area di mana terdapat replika patung Bunda Maria di pintu masuk gua, membuat tempat ini semakin penting dan sakral bagi umat Katolik. Karena itu, gua ini dikenal menyerupai tempat suci Lourdes di Prancis. Kamu bisa berfoto selfie dengan tempat wisata yang memiliki spot instagramable di sini.

Gua Maria Pohsarang terletak di Dusun Sukorame, Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di sekitar kawasan Gua Maria yang terletak di Kompleks Gereja Puhsarang, Kediri juga terdapat Bukit Salib Kalvari yang berfungsi sebagai pelengkap sarana peribadatan bagi para peziarah yang datang.

Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti rumah serbaguna, pusat perbelanjaan/toko suvenir, toilet, akomodasi dan tempat parkir yang cukup luas.

2. Patung raksasa Yesus Kristus, Tana Toraja.

Patung Thesus Christ yang besar di Tana Toraja diperkirakan akan menyaingi patung Christ the Redeemer di Brazil. Ikon wisata Tana Toraja dengan ketinggian 40 meter ini melampaui tinggi patung Kristus Sang Penebus di Brazil jika dihitung dari permukaan laut.

Selain wisata religi, mengunjungi patung ini juga menawarkan panorama Tana Toraja dari atas.

Destinasi wisata spiritual kontemporer Patung besar Yesus Kristus diresmikan pada tahun 2015. Patung ini terletak di Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Dari kawasan Buntu Burake, wisatawan juga bisa menikmati panorama kota Makale dan indahnya pegunungan di sekitar Toraja.

3. Salib Cinta, Tarutung

Masyarakat percaya bahwa Salib Cinta Tarutung adalah tempat Nommensen memulai penginjilan misionarisnya di tanah Batak, sehingga bangunan ini menjadi ikon utama di Bukit Siatas-Barita.

Salib Cinta adalah simbol cinta antara manusia, makhluk hidup lainnya dan Sang Pencipta. Selain ada sejumlah situs spiritual, Anda juga akan melihat keindahan alam yang menakjubkan.

Objek wisata ini dilengkapi dengan kebutuhan vital pengunjung, antara lain tempat ibadah, tempat istirahat, toko suvenir, kamar mandi, dan spot foto.

Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per pengunjung. Ini benar-benar akan sangat efektif, bukan? Kunjungi tempat yang merupakan bagian dari peradaban Kristen.

4. Gua Maria Sendang Sriningsih, Klaten

Situs Sendang Sriningsih dan Gua Maria terletak di Desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Destinasi ini terletak di atas bukit untuk memperingati penderitaan Yesus saat disalibkan di bukit Kalvari. Di bawah salib adalah tempat di mana orang Kristen berdoa dan menyalakan lilin.

Gua Maria berada tepat di sebelah mata air yang didoakan. Perjalanan menuju ke sini harus mengikuti jalur salib yang cukup menantang.

Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang mengarah ke puncak. Namun, angin sepoi-sepoi dan pepohonan yang rindang akan mengiringi langkah para peziarah.

Pengunjung dapat melihat pepohonan dan rerumputan yang hijau saat mengunjungi kawasan Bukit Doa. Bukit Doa memiliki sebuah bangunan bernama Mother Mary’s Grotto sebagai tempat ibadah.

Destinasi wisata religi ini juga digunakan sebagai area outbond, tempat berkumpul, area berkah pernikahan dan juga tempat perayaan pernikahan ala taman, sehingga Bukit Doa memiliki magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Bukit Doa terletak tidak jauh dari Jalan Lingkar Timur Kota Tomohon yang berjarak kurang lebih 30 km dari Manado dengan perkiraan waktu tempuh 40 menit.

Setelah Bukit Doa, ada banyak tempat wisata yang tidak kalah indahnya yang wajib Anda kunjungi. Ada Danau Tondano, Danau Linow atau Pasar Tomohon yang menjual banyak makanan.

6. Air Mancur Maria Kitiran Mas

Air mancur Maria Kitiran Mas awalnya berasal dari vas berisi air di bawah patung Bunda Maria untuk menciptakan suasana sejuk bagi semua yang sedang berdoa.

Namun, sudah menjadi kebiasaan untuk meminum air sumur ini setelah sholat. Lokasi air mancur ini berada di Gereja St. Maria Assumpta tak jauh dari Jalan Kaliurang KM 17, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Awal mula air pancuran Maria Kitiran Mas berasal dari 7 mata air yang berbeda di lereng Gunung Merapi, yang disertai dengan sikap gelisah dan diakhiri dengan doa novena kepada Bunda Maria.

Ada juga deretan guci, patung batu bergambar buto bajang, kupu-kupu, ikan kotes dan katak. Patung-patung batu ini merupakan simbol bahwa manusia harus bekerja keras menghadapi segala tantangan.

Demikian informasi tentang wisata religi kristen di Indonesia untuk menguatkan iman. Peradaban Kristen di Indonesia dibuktikan dengan situs, simbol atau bangunan yang ada di setiap daerah. Semoga ibadahmu lebih bijak, ya! (Sarah)

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button