Roemah Martha Tilaar, Bangunan Bersejarah Neoklasik Eropa di... - WisataHits
Jawa Tengah

Roemah Martha Tilaar, Bangunan Bersejarah Neoklasik Eropa di…

Roemah Martha Tilaar, Bangunan Bersejarah Neoklasik Eropa di…

LANGIT7.ID, Gombong – Roemah Martha Tilaar adalah salah satu bangunan bersejarah yang sarat akan ilmu. Bangunan hunian bergaya neoklasik Eropa ini kini telah diubah menjadi bangunan baru dan sering dikunjungi wisatawan sejak tahun 2014.

Roemah Martha Tilaar melaporkan dari visitjawatengah beralamat di Jalan Sempor Lama 28, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sahabat Langit7 akan dengan mudah menemukan gedung ini karena letaknya yang tidak jauh dari Pasar Wonokriyo dan Stasiun Gombong.

Nama gedung ini diambil dari sosok Martha Tilaar yang merupakan salah satu nama pengusaha kosmetik ternama di Tanah Air yang rumahnya dimiliki oleh keluarga Liem Siaw Lam yang tak lain adalah kakek dari Martha Tilaar.

Baca juga: Grebeg Sudiroprajan, Simbol Kerukunan Etnis Tionghoa dan Jawa di Solo

Roemah Martha Tilaar Gombong kemungkinan sudah ada sejak tahun 1920-an. Martha Tilaar tinggal di sana sampai dia berumur 10 tahun. Rumah tersebut juga menjadi saksi bagaimana semangat kewirausahaan dan kreativitas Martha Tilaar tumbuh dan berkembang.

Di bagian depan rumah ini, Sahabat Langit7 menemukan halaman luas yang biasa digunakan sebagai tempat berlama-lama, terutama di malam hari. Di Roemah Martha Tilaar, wisatawan juga akan melihat bangunan dengan keramik bermotif, kaca patri, dan perabot rumah tangga antik.

Di bagian depan, wisatawan disuguhkan tiga pintu masuk dengan konsep klasik dan simetris, serta keramik bermotif. Lalu ada ornamen lampu gantung jadul yang menarik perhatian. Saat masuk, wisatawan melihat ruang tamu yang nyaman dan rapi.

Selain itu, ada juga koleksi benda-benda dari masa lampau. Misalnya kursi tamu, meja, lemari dan lain-lain. Wisatawan juga akan menemukan empat kamar utama dan ruang belajar di rumah utama.

Dari sekian banyak peninggalan di Roemah Martha Tilaar, ada satu yang menarik perhatian. Yaitu toilet kayu antik. Ada juga botol berisi air di sisi kanan toilet yang digunakan untuk menyiram.

Baca Juga: Solo Safari Dipercaya Menjadi Ikon Wisata Baru di Surakarta

Setelah melewati kamar tidur dan area kerja, wisatawan terhubung dengan pintu keluar menuju halaman belakang. Namun sebelum itu ada ruang pameran makan atau tempat pertemuan seluruh anggota keluarga. Selain bangunan utama yang terdiri dari beberapa kamar tidur dan ruang kerja, terdapat pula bangunan serbaguna. Biasanya ruang ini digunakan untuk showroom atau workshop saat Roemah Martha Tilaar mengadakan acara.

Menjadi wahana pendidikan dan hiburan

Roemah Martha Tilaar juga berperan sebagai wahana pendidikan dan hiburan. Roemah Martha Tilaar juga ramah anak karena bisa belajar banyak di sana. Oleh karena itu, Roemah Martha Tilaar menawarkan paket sebagai alat bantu belajar bagi anak-anak.

Melalui paket ini, anak memperoleh keterampilan yang tidak didapatkan di sekolah, mengembangkan kemandirian dan meningkatkan kerjasama antar teman. Roemah Martha Tilaar menyebutnya dengan program Serambi Belajar.

Waktu pelaksanaan akan disesuaikan dengan yang berminat mengikuti program ini. Untuk setiap pertemuan ada serangkaian program di bawah satu tema. Diantaranya adalah limbah, konservasi, kewirausahaan, sejarah Gombong dan pembelajaran tanaman obat keluarga. Biayanya sangat terjangkau.

Baca Juga: Mengenal Gua Matu, Destinasi Wisata Religi di Pasibar

Roemah Marta Tilaar juga menawarkan tempat dengan suasana yang menyenangkan yang dapat digunakan untuk pertemuan, arisan, pesta ulang tahun atau acara reuni. Usai bernostalgia di Roemah Martha Tilaar, wisatawan bisa menikmati suasana malam di kafe yang terletak di sisi kanan bangunan utama.

Roemah Martha Tilaar juga bisa digunakan untuk sesi foto atau sekedar makan siang atau makan malam. Roemah Martha Tilaar buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09:00 WIB hingga 17:00 WIB.

(jadi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button