Yuk, ini dia 5 tempat wisata tertua di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Yuk, ini dia 5 tempat wisata tertua di Indonesia

Yuk, ini dia 5 tempat wisata tertua di Indonesia

Liputan6.com, Yogyakarta – Seiring perkembangan zaman, berbagai destinasi wisata dengan konsep kekinian pun hadir. Namun, masih ada destinasi wisata Indonesia yang sangat melegenda dan masih beroperasi hingga saat ini.

Bahkan sebelum kemerdekaan, Indonesia bahkan memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berikut daftar tempat wisata tertua di Indonesia :

1. Bandara Internasional Kemayoran

Bandara Internasional Kemayoran merupakan bandara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional. Landasan pacu di Bandara Kemayoran dibangun pada tahun 1934 oleh pemerintah kolonial Belanda.

Situs ini diresmikan sebagai bandara internasional pada 8 Juli 1940. Saat ini, lokasi eks Bandara Kemayoran telah dialihfungsikan menjadi kompleks Jakarta Fair dan Kotabaru Kemayoran yang kerap dijadikan tempat berbagai acara termasuk HUT Jakarta.

2. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka terletak di Jalan Slamet Royadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Destinasi wisata ini merupakan museum tertua di Indonesia yang didirikan pada 18 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV.

Gedung yang berada tidak jauh dari Taman Sriwedari ini menjadi bukti pentingnya pengarsipan bagi masyarakat Solo. Secara etimologi, “Radya” berarti pemerintahan, sedangkan “Pustaka” berarti surat.

Seperti namanya, tempat ini dulunya adalah gudang surat-surat kerajaan. Seiring waktu, tidak hanya surat yang disimpan di tempat ini, tetapi juga berbagai benda penting yang berhubungan dengan kerajaan. Tempat ini akhirnya diubah menjadi museum dengan berbagai koleksi sejarah.

3.sarina

Sarinah merupakan mall pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1963. Saat itu, Sarinah diresmikan pada tahun 1967 oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Nama “Sarinah” diambil dari nama pengasuh masa kecil Soekarno. Gedung Sarinah juga merupakan gedung pencakar langit pertama di Jakarta dengan tinggi 74 meter dan 15 lantai. Tempat ini kini menjadi tempat wisata ibu kota yang mempromosikan produk dan budaya UMKM.

Faktor penyebab pohon durian di Banyumas dan Cilacap tidak berbuah pada musim ini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button