Yogyakarta targetkan kunjungan wisatawan dari Kejuaraan Panahan Nasional - WisataHits
Yogyakarta

Yogyakarta targetkan kunjungan wisatawan dari Kejuaraan Panahan Nasional

TEMPO.CO, Yogyakarta – Daerah khusus Yogyakarta Manfaatkan durasi kunjungan wisatawan ke daerah dengan menyelenggarakan berbagai acara di tingkat nasional, mulai dari fashion hingga pameran dan olahraga. Baru-baru ini, provinsi ini menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Panahan Junior (Kejurnas) 2022 yang berlangsung selama sembilan hari dari 16-25 Oktober 2022.

“Acara ini diikuti oleh total 598 peserta dari 28 provinsi di Indonesia, okupansi hotel di sekitar area kompetisi langsung penuh sejak satu atau dua hari sebelum kompetisi dimulai,” kata ketua panitia acara Bendara Pangeran Hario Kusumo Bimantoro Minggu, 16 Oktober 2022.

Bimantoro mengungkapkan, even olahraga, khususnya di tingkat nasional, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Selain itu, peserta dari berbagai daerah juga membawa kerabat dan keluarganya. Setiap provinsi akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kompetisi yang telah dibatalkan selama empat tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

“Rata-rata, peserta memilih menginap di hotel yang dekat dengan lokasi kompetisi. Jadi kalau ada jeda kompetisi, biasanya mereka pakai untuk jalan-jalan di Yogya,” ujarnya.

Aksi seni tersebut memeriahkan Kejuaraan Nasional Panahan Junior 2022 yang digelar di Yogyakarta pada 16-25 Oktober 2022. Tempo/Staf Wicaksono

Sejumlah karya seni lokal dari Yogyakarta dipamerkan dan sejarahnya dijelaskan pada acara tersebut agar para peserta dapat mengenal seni tersebut. Salah satunya adalah seni tari Angguk yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Bimantoro mengatakan lokasi kali ini difokuskan di Lapangan Wirasada Pratista di Sleman yang notabene juga berada tepat di pinggir jalur wisata Yogyakarta-Kaliurang. Menjalankan kompetisi selama sembilan hari diyakini dapat membantu mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM di sekitar lokasi.

Ajang ini memiliki tiga divisi yang dipertandingkan yaitu Recurve, Compound dan Standard Bow, dimana masing-masing mempertandingkan nomor individu, beregu dan beregu campuran, baik putra maupun putri. Sebanyak 66 medali emas akan diberikan, dengan 22 medali emas di setiap kelompok umur untuk kelompok usia 15 dan 18 tahun.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: 5 Pantai Eksotis di Yogyakarta Selain Parangtritis, dari mistis hingga air terjun

Sselalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button